Mainaria, Eliana (2006) HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN BERMAIN SAMBIL BELAJAR DAN KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI DENGAN KINERJA GURU KELOMPOK BERMAIN DI KOTA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 035030236 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (503kB) | Preview
2. 035030236 Abstrak.pdf - Published Version
Download (493kB) | Preview
3. 035030236 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (506kB) | Preview
4. 035030236 Bab V.pdf - Published Version
Download (547kB) | Preview
5. 035030236 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (494kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara pengetahuan bermain sambil belajar (X1) dan komunikasi antar pribadi (X2) dengan kinerja guru kelompok bermain(Y) di Kota Medan, baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama.Penelitian dilakukan terhadap guru-guru kelompok bermain di Kota Medan dengan populasi penelitian sebanyak 57 orang guru dan seluruhnya dijadikan sampel dalam penelitian. Instrumen pengumpulan data digunakan tes pilihan berganda untuk pengetahuan bermain sambil belajar dan angket untuk komunikasi antar pribadi dan kinerja guru kelompok bermain di Kota Medan.Hasil pengujian hipotesis penelitian memperlihatkan: (1). Terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan bermain sambil belajar dengan kinerja guru kelompok bermain yang ditunjukkan oleh koefisien korelasi sebesar 0,607 dan thitung 5,66 > ttabel = 2,01 dengan dk = 55 pada taraf signifikan  = 0,05, dengan persamaan regresi Y — 131,21 + 1,07X], (2). Terdapat hubungan yang signifikan antara komunikasi antar pribadi dengan kinerja guru kelompok bermain yang ditunjukkan oleh koefisien korelasi sebesar 0,643 dan thitung = 6,23 > ttabel = 2,01 dengan dk = 55 pada taraf signifikan a = 0,05, dengan persamaan regresi Y = 88,87 + 0,62X2, dan (3). Terdapat hubungan antara pengetahuan bermain sambil belajar dan komunikasi antar pribadi dengan kinerja guru kelompok bermain. Hal ini ditunjukkan oleh koefisien korelasi sebesar 0,691, berarti bahwa 47,8 % kinerja guru kelompok bermain di Kota Medan dapat dijelaskan variabel pengetahuan bermain sambil belajar dan komunikasi antar pribadi secara bersama-sama melalui persamaan garis regresi ganda Y — 97,35 + 0,59X1 + 0,42X2. Hasil analisis korelasi parsial antara pengetahuan bermain sambil belajar dengan kinerja guru apabila variabel komunikasi antar pribadi dikontrol, ternyata hubungannya signifikan dengan koefisien korelasi parsial ry 12 sebesar 0,3316. Hubungan antara komunikasi antar pribadi dengan kinerja guru apabila variabel pengetahuan bermain sambil belajar dikontrol, ternyata hubungannya juga signifikan dengan koefisien korelasi parsial sebesar ry.21 = 0,4163.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.202 2 Mai h |
Keywords: | Komunikasi; Pengetahuan; Bermain sambil belajar; Guru |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 23 Apr 2016 05:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2311 |