Irvansyah (2017) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL (VIDEO) TERHADAP HASIL BELAJAR MELAKUKAN OVERHAUL SISTEM PENDINGIN DAN KOMPONEN-KOMPONENNYA SISWA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 5 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5121122002 COVER.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
2. NIM. 5121122002 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (565kB) | Preview
3. NIM. 5121122002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
4. NIM. 5121122002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
5. NIM. 5121122002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
6. NIM. 5121122002 TABLES.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7. NIM. 5121122002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
8. NIM. 5121122002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
9. NIM. 5121122002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (560kB) | Preview
13. NIM. 512112200 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
14. NIM. 5121122002 BIBLOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Pembelajaran
Audiovisual (Video) Terhadap Hasil Belajar Melakukan Overhaul Sistem
Pendingin Dan Komponen-Komponennya Siswa Kelas XII Program Keahlian
Teknik Kendaraan Ringan Di SMK Negeri 5 Medan Jenis penelitian ini adalah
quasi eksperimen dengan desain penelitian two group pretest-posttest design.
Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XII yang terdiri dari 3 kelas.
Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik random sampling yaitu kelas
XII TKR 2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 31 orang dan Kelas XII
TKR 3 sebagai kelas Kontrol yang berjumlah 35 orang. Kelas Eksperimen diberi
perlakuan strategi Pembelajaran dengan menggunakan media Audiovisual
(Video), sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan strategi pembelajaran tanpa
menggunakan media Audiovisual (Video). Instrumen yang digunakan yaitu tes
hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda dengan jumlah 25 soal. Sebelum
dilakukan tes pada kedua kelas tersebut, terlebih dahulu diberikan perlakuan yang
berbeda pada masing-masing kelas dalam jangka waktu dan pertemuan yang
sama. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa
antara yang diajarkan menggunakan media Audiovisual (video) dengan tanpa
media Audiovisual (video) pada mata pelajaran Melakukan Overhaul Sistem
Pendingin Dan Komponen-Komponennya Siswa Kelas XII Program Keahlian
Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 5 Medan. Hal ini ditunjukkan bahwa
thitung > ttabel yaitu 4,568 > 1,998 pada taraf nyata α = 0,05 sehingga Ho ditolak dan
Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran
menggunakan media audiovisual (video) dapat meningkatkan hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 OTM 001 |
Keywords: | Media Audiovisual, Video, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Feb 2017 04:41 |
Last Modified: | 21 Feb 2017 04:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23107 |