Agustia, Rudi (2017) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR DASAR PENGUKURAN PADA SISWA KELAS XI SMK HARAPAN STABAT TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5122122008 COVER.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
2. NIM 5122122008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (647kB) | Preview
3. NIM 5122122008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
4. NIM 5122122008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
5. NIM 5122122008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
6. NIM 5122122008 TABLES.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
7. NIM 5122122008 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
8. NIM 5122122008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (594kB) | Preview
12. NIM 5122122008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
13. NIM 5122122008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
Abstract
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara
motivasi belajar dan disiplin belajar dengan hasil belajar dasar pengukuran pada
siswa kelas XI SMK Harapan Stabat Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini
menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian
korelasional, memakai instrumen angket model Likert dan dokumentasi. Jumlah
populasi 105 siswa dan diperoleh sampel sebanyak 51 siswa, cara pengambilan
sampel dengan teknik Proportional Stratified Random Sampling. Uji validitas
instrumen menggunakan koefisien korelasi Product Moment, dan uji reabilitas
menggunakan Alpha Cronbach. Hasil penelitian di analisis menggunakan
koefisien korelasi korelasi Product Moment, Korelasi Parsial dan Korelasi Ganda
dengan bantuan program SPSS 16.0. Dari hasil analisis pada N = 51 taraf
signifikan 5 % diperoleh rtabel = 0,267 hubungan antara motivasi belajar dengan
hasil belajar dasar pengukuran diperoleh rhitung = 0,860 dan rparsial = 0,811,
hubungan antara disiplin belajar dengan hasil belajar dasar pengukuran diperoleh
rhitung = 0,724 dan rparsial = 0,612, hubungan antara motivasi belajar dan disiplin
belajar dengan hasil belajar dasar pengukuran diperoleh rhitung = 0,915. Dengan
demikian maka variabel motivasi belajar, disiplin belajar dan hasil belajar dasar
pengukuran memiliki hubungan yang signifikan. Kesimpulan dari penelitian ini
yaitu terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan
disiplin belajar dengan hasil belajar dasar pengukuran pada siswa kelas XI SMK
Harapan Stabat Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 OTM 002 |
Keywords: | Motivasi belajar, disiplin belajar, hasil belajar dasar pengukuran |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ268 Steam engineering > TJ603 Locomotives |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Feb 2017 04:31 |
Last Modified: | 21 Feb 2017 04:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23105 |