Aryfin, Muhammad (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS6 PADA MATA MEMPERBAIKI MOTOR LISTRIK UNTUK SISWA KELAS XII TITL SMK SWASTA IMELDA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5123131034 COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
2. NIM 5123131034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
3. NIM 5123131034 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
4. NIM 5123131034 PREFACE.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
5. NIM 5123131034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
6. NIM 5123131034 TABLES.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7. NIM 5123131034 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
8. NIM 5123131034 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
9. NIM 5123131034 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (398kB) | Preview
13. NIM 5123131034 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
14. NIM 5123131034 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar siswa kelas XII TITL SMK Swasta Imelda Medan pada mata pelajaran Memperbaiki Motor Listik. Siswa sulit memahami materi pelajaran disebabkan pendidik kurang memanfaatkan media yang dapat menimbulkan daya imajinasi yang hanya menggunakan buku dan modul pembelajaran saja. Oleh sebab itu penelitian ini berupaya untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang dapat menampilkan animasi, dan video pembalajaran yang dapat memberikan umpan balik kepada siswa. Metode penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dan dipadukan dengan disain pembelajaran ADDIE (Analisys, Design, Development, Implementation, Evaluation). Uji kelayakan terhadap media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang dikembangkan oleh ahli media menunjukkan rata-rata penilaian sebesar 4,6 dan dinyatakan “sangat baik/sangat layak” dan pengujian terhadap multimedia interaktif oleh ahli materi menunjukkan rata-rata penilaian sebesar 4,16 dan dinyatakan “baik/layak”. Pengujian yang dilakukan terhadap 20 siswa SMK Swasta Imelda Medan dimana hasil pengujiannya memiliki rata-rata sebesar 4,47 yang dinyatakan “Sangat Baik”. Berdasarkan hasil uji kelayakan dan pengujian tersebut maka dapat disimpulkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang dikembangkan sangat baik dan layak untuk dijadikan media pembelajaran materi melilit kumparan motor.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 ELEK 005 |
Keywords: | Multimedia interaktif; Research and development (R&D); ADDIE |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > T Technology (General) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 Feb 2017 04:14 |
Last Modified: | 21 Feb 2017 04:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23102 |