Solin, Jeremias (2017) RANCANG BANGUN PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS E-LEARNING MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS 6 DAN WEB SITE PADA MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK DI KELAS XI TIPTL SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM. 5123131021 COVER.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
NIM. 5123131021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
NIM. 5123131021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
NIM. 5123131021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
NIM. 5123131021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
NIM. 5123131021 TABLE.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
NIM. 5123131021 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
NIM. 5123131021 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
NIM. 5123131021CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (391kB) | Preview
NIM. 5123131021 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
NIM. 5123131021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Reasearch and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE tujuan agar mengetahui rancang bangun pembelajaran interaktif berbasis E-Learning menggunakan Adobe Flash CS 6 dan Web Site layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017. Tahap – tahap pada penelitian melalui 5 tahap yaitu (1) Analysis (analisis) tujuannya mengetahui yang diperlukan dalam rancang bangun pembelajaran interaktif berbasis E-Learning menggunakan Adobe Flash CS 6 Dan Web Site; (2) Design (desain) yaitu merancang media pembelajaran interaktif; (3) Development (pengembangan) yaitu mengembangan disain yang dibuat, baik perangkat lunak atau perangkat keras yang dibutuhkan; (4) Implementasion (implementasi) yaitu memastikan keberhasilan hasil produk rancang bangun media pembelajaran interaktif berbasis E-Learning dengan menggunakan angket dari validasi ahli media, validasi ahli materi, dan validasi user/pengguna; (5) Evaluation (evaluasi) yaitu melihat dan memeriksa kembali kekurangan dari media pembelajaran interaktif yang telah dilakukan validasi dari ahli media, ahli materi, dan pengguna/user. Hasil pengujian validasi ahli media diperoleh 3,85 (sangat baik), validasi dari ahli materi diperoleh skor 3,60 (sangat baik), dan validasi dari pengguna/user tahap I diperoleh skor 3,22 (baik), serta validasi dari pengguna/user tahap II diperoleh skor 3,37 (sangat baik). Hasil penelitian ini menunjukkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik di kelas XI TIPTL SMK Percut Sei Tuan semakin meningkat dan motivasi belajar siswa semakin tinggi/meningkat setelah belajar menggunakan rancang bangun pembelajaran interaktif berbasis E-Learning menggunakan Adobe Flash Cs 6 dan Web Site.