Marpaung, Dermawanti (2016) PENGARUH PENGGUNAAN LKS BERBANTUAN MEDIA MOVIE MAKER TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBUAT POLA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 LAGUBOTI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5113341005 - COVER.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
2. NIM. 5113341005 - APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (419kB) | Preview
3. NIM. 5113341005 - ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
4. NIM. 5113341005 - PREFACE.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
5. NIM. 5113341005 - TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
6. NIM. 5113341005 - TABLES.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
7. NIM. 5113341005 - ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
8. NIM. 5113341005 - APPENDICES.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
9. NIM. 5113341005 - CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (398kB) | Preview
13. NIM. 5113341005 - CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
14. NIM. 5113341005 - BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hasil belajar membuat pola siswa kelas X SMK Negeri 1 Laguboti (2) hasil belajar membuat pola siswa menggunakan LKS berbantuan media movie maker pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Laguboti (3) ada atau tidaknya pengaruh LKS berbantuan media movie maker terhadap hasil belajar membuat pola siswa kelas X SMK Negeri 1 Laguboti. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 1 Berastagi yang berjumlah 90 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling sehingga jumlah sampel penelitian adalah 60 orang. Teknik pengumpulan data untuk mengukur hasil belajar membuat pola dalam penelitian ini menggunakan pengamtan membuat pola yang ada dalam LKS. Teknik analisa data melalui uji normalitas, uji homogenitas, uji kecenderungan dan uji hipotesis yang dijadikan acuan untuk membuat kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan LKS berbantuan media movie maker menunjukkan rata- rata 86,1. Sedangkan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan LKS tanpa berbantuan media movie maker menunjukkan rata-rata 60,4. Hasil uji persyaratan analisis menunjukkan bahwa hasil belajar membuat pola menggunakan LKS berbantuan media movie maker berdistribusi normal dimana Lhitung < Ltabel = 0,0671<0,8817 dan hasil belajar membuat pola menggunakan LKS tanpa berbantuan media movie maker berdistribusi normal dimana Lhitung < Ltabel = 0,1681<0,8817 dan kedua data dinyatakan homogen dimana Fhitung <F tabel = 1,43 < 2,04. Dapat disimpulkan bahwa, hasil belajar membuat pola dengan menggunakan LKS berbantuan media movie maker dimana hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel = 3,8 > 1,671. Dilihat dari penelitian ini, hasil belajar membuat pola lebih tinggi jika diajarkan dengan menggunakan LKS berbantuan media movie maker . Jadi terbukti ada pengaruh hasil belajar membuat pola menggunakan LKS berbantuan media movie maker. Hal ini berarti bahwa penggunaan LKS berbantuan media movie maker dapat dijadikan sebagai pendamping atau alternative pembelajaran.