Harahap, Halidazia (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS6 PADA MATA PELAJARAN PEMASANGAN INSTALASI BANGUNAN SEDERHANA SISWA KELAS XI TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK (TITL) SMK SWASTA IMELDA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5123331020 COVER.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
2. NIM 5123331020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
3. NIM 5123331020 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
4. NIM 5123331020 PREFACE.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
5. NIM 5123331020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
6. NIM 5123331020 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
7. NIM 5123331020 TABLES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
8. NIM 5123331020 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (404kB) | Preview
12. NIM 5123331020 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
13. NIM 5123331020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, yang bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk yaitu media pembelajaran interaktif Pemasangan Instalasi Bangunan Sederhana dan materi Menggambar dan Pemasangan Instalasi Penerangan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan sulitnya siswa kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) SMK Swasta Imelda Medan memahami mata pelajaran Pemasangan Instalasi Bangunan Sederhana. Siswa sulit memahami materi pelajaran disebabkan media yang digunakan pendidik masih berupa media presentasi biasa, penggunaannya masih terbatas, terlalu sederhana dan kurang interaktif. Media yang digunakan pendidik tersebut belum dilengkapi dengan evaluasi soal dan penilaian untuk mengetahui kemampuan siswa. Oleh sebab itu penelitian ini berupaya untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang dapat menampilkan animasi dan dapat memberikan umpan balik kepada siswa. materi pembelajaran yang dibahas hanya gambar diagram tunggal rencana instalasi penerangan pada mata pelajaran Perencanaan dan Pemasangan Instalasi Bangunan Sederhana pada SMK Swasta Imelda Medan. Metode penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dan dipadukan dengan model pembelajaran (4D). Uji kelayakan terhadap media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang dikembangkan oleh ahli media menunjukkan rata-rata penilaian sebesar 4,4 dan dinyatakan“sangat baik/layak”dan pengujian terhadap multimedia interaktif oleh ahli materi menunjukkan rata-rata penilaian sebesar 4,4 dan dinyatakan“sangat baik/layak”. Pengujian kepada siswa dilakukan secara dua tahap dimana hasil pengujian I memiliki rata-rata sebesar 4,4 dan dikategorikan “Sangat Baik” dan pengujian II memiliki rata-rata sebesar 4,5 dan dikategorikan “Sangat Baik”. Berdasarkan hasil uji kelayakan dan pengujian tersebut maka dapat disimpulkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang dikembangkan sangat baik dan dan layak untuk dijadikan media pembelajaran materi Menggambar dan Pemasangan Instalasi Penerangan.