Selian, Nurhaida (2004) HUBUNGAN SIKAP PROFESIONALISME GURU DAN PERSEPSI TENTANG TEKANAN SOSIAL DENGAN PERILAKU EDUKATIF (STUDI KASUS DI SMU AL-AZHAR MEDAN). Masters thesis, UNIMED.
1. 015030072 Cover.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
2. 015030072 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
3. 015030072 Abstrak.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
4. 015030072 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
5. 015030072 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
6. 015030072 Daftar TAbel.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
7. 015030072 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
8. 015030072 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
9. 015030072 Bab I.pdf - Published Version
Download (469kB) | Preview
10. 015030072 Bab V.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
11. 015030072 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
Abstract
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) sejauh mana hubungan antara sikap profesional guru dengan perilaku edukatif guru di SMU Al-Azhar Medan; (2) sejauh mana hubungan antara persepsi tentang tekanan sosial dengan perilaku edukatif guru di SMU Al-Azhar Medan; (3) Sejauh mana hubungan sikap profesional dan persepsi guru akan tekanan sosial dengan perilaku edukatif di SMU Al-Azhar Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara sikap profesional guru dan persepsi guru akan tekanan sosial dengan perilaku edukatif guru (studi kasus di SMU Al -Azhar Medan).Untuk menjawab permasalahan penelitian ini, diajukan tiga hipotesis. Panama, sikap profesional guru memiliki hubungan yang berarti dengan perilaku edukatif sehingga semakin positif sikap profesional guru maka akan semakin positif pula perilaku edukatif terhadap siswa. Kedua, persepsi akan tekanan sosial memiliki hubungan yang berarti dengan perilaku edukatif sehingga semakin positif persepsi guru akan tekanan sosial maka semakin positif perilaku edukatif terhadap siswa. Ketiga, sikap profesional guru dan persepsi akan tekanan sosial memilki hubungan yang berarti dengan perilaku edukatif sehingga semakin positip sikap profesional dan persepsi guru akan tekanan sosial maka semakin positip perilaku edukatif terhadap siswa.Data penelitian ini adalah selunth guru di SMU Al-Azhar Medan. Jumlah sampel yang diambil adalah sebanyak 45 orang. Dengan kata lain seluruh populasi dijadikan sampel penelitian Instrumen yang digunakan untuk penelitian ini menggunakan angket skala linkert. Data dianalisis dengan teknik Korelasi Rank Spearman dan Korelasi Parsial.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan antara sikap profesional guru dengan perilaku edukatif guru SMU Al-Azhar Medan berkorelasi positip sebesar 0,809 dengan kontribusi sebesar 65,4%. Hubungan persepsi akan tekanan sosial dengan perilaku edukatif guru SMU Al-Azhar Medan berkorelasi positip sebesar 0,587 dengan kontribusi sebesar 34,5%. Sedangkan hubungan dan kontribusi sikap profesional guru dan persepsi akan tekanan sosial secara bersama - sama dengan perilaku edukatif guru di SMU Al-Azhar Medan berkorelasi positip dan signifikan dengan koefisien korelasi sebesar 0,888 dengan kontribusi sebesar 78,8 %Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa variabel sikap profesional guru dart persepsi akan tekanan sosial dapat dijadikan sebagai prediktor dalam perilaku edukatif guru di SMU Al-Azhar Medan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | AP Sel h |
Keywords: | Sikap profesional; Tekanan sosial; Perilaku edukatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 21 Apr 2016 06:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2306 |