Lestari, Indah (2017) PERAN GURU MATA PELAJARAN PPKn DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA YANG SESUAI DENGAN NILAI PANCASILA DI SMP NEGERI 3 GALANG T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3123111032 COVER.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
2. NIM. 3123111032 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
4. NIM. 3123111032 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
3. NIM. 3123111032 PREFACE.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
5. NIM. 3123111032 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM. 3123111032 TABLES.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
7. NIM. 3123111032 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 3123111032 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
12. NIM. 3123111032 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
13. NIM. 3123111032 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Peran Guru Mata Pelajaran PPKn Dalam Pembentukan Karakter Siswa Yang Sesuai Dengan Nilai Pancasila di SMP Negeri 3 Galang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMP Negeri 3 Galang yang berjumlah 443 orang. Sampel dalam penelitian ini 10% dari jumlah keseluruhan populasi yaitu sebanyak 44 siswa diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara dan angket yang berjumlah 30 soal dan diisi oleh responden (sampel). Peran guru PPKn dalam pembentukan karakter siswa yang sesuai dengan nilai Pancasila di SMP Negeri 3 Galang yaitu mengajarkan serta menerapkan nilai-nilai Pancasila kepada siswa agar nantinya terbentuk karakter siswa yang memiliki nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa 68,1% guru PPKn berperan dalam pembentukan karakter siswa yang sesuai dengan nilai- nilai Pancasila di SMP Negeri 3 Galang. Adapun upaya yang dilakukan guru PPKn yaitu membimbingdan mengarahkan para peserta didikuntuk selalu mengamalkan nilai-nilai Pancasila, seperti halnya mengamalkan nilai KeTuhanan, nilai Kemanusiaan, nilai Persatuan, nilai Kerakyatan, dan nilai Keadilan. Hal tersebut dilakukan agar nantinya para peserta didik menjadi seorang siswa yang memiliki kepribadian yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila dalam dirinya dan menjadi warga negara yang lebih baik kedepannya
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PKN 001 |
Keywords: | Peran Guru Mata Pelajaran PPKn,Nilai-nilai Pancasila |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF795 Temperament. Character L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Feb 2017 04:15 |
Last Modified: | 17 Feb 2017 04:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23042 |