Siburian, Juni Astuti (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK PENGUKURAN DI KELAS X SEMESTER I SMAN 9 MEDAN T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4123321026 COVER.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
2. 4123321026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
3. 4123321026 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
4. 412321026 PREFACE.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
5. 4123321026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
6. 4123321026 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. 4123321026 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. 4123321026 APPENDICS.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
9. 4123321026 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
13. 4123321026 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
14. 4123321026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok pengukuran di kelas X semester I SMAN 9 Medan T.P. 2016/2017.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Semester I SMAN 9 Medan yang berjumlah 270 siswa yang terdiri dari tujuh kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas X-1 (sebagai kelas eksperimen) yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation (GI) dan kelas X-4 (sebagai kelas kontrol) yang diberi perlakuan menggunakan pembelajaran konvensional yang ditentukan dengan cara cluster random sampling. Data penelitian ada satu macam yaitu dalam bentuk hasil belajar siswa. Data hasil belajar siswa yang diperlukan dalam penelitian ini menggunakan tes pilihan berganda dengan jumlah 20 soal dengan lima option jawaban yang sebelumnnya telah divalidasi. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 35,71 dan kelas kontrol adalah 33,14, setelah pembelajaran selesai diberikan postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 70 dan kelas kontrol 49. Berdasarkan analisis uji normalitas dan uji homogenitas pada kedua kelas diketahui bahwa data berdistribusi normal dan kedua kelas berasal dari kelompok yang homogen. Berdasarkan hasil uji t satu pihak diperoleh thitung > ttabel, hal ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok pengukuran di kelas X semester I SMAN 9 Medan T.P. 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 005 |
Keywords: | Kooperatif tipe group Investigation (GI); Hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 17 Feb 2017 04:18 |
Last Modified: | 17 Feb 2017 04:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23041 |