Ratih, Dewi (2016) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW DAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA KELAS XI IPA 2 SMA NEGERI 5 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. Nim. 4121141003 Cover.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2 Nim. 4121141003 Approval.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
3. NIM 4121141003 Biography.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
4 NIM 4121141003 Acknowledment.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
5. NIM 4121141003 Abstrak.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
6 NIM 4121141003 Table of Contents.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
7 NIM 4121141003 List of Picture.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8 NIM 4121141003 List of Tables.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9 NIM 4121141003 List of Appendicess.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
10 Nim. 4121141003 Chapter I.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
14 Nim. 4121141003 Chapter V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
15 Nim. 4121141003 References.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil Belajar Siswa dengan Kombinasi Model Kooperatif Jigsaw dan Numbered Head Together (NHT) pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 5 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus penelitian. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 yang berjumlah 40 orang. Pada setiap siklus diadakan test hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 30 soal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test siswa diawal proses pembelajaran adalah 35,71, dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 0% (tidak ada nilai siswa yang mencapai KKM 70). Hasil belajar post-test siswa menunjukkkan terjadi peningkatan, dari hasil belajar siswa pada siklus I ke siklus II. Rata-rata hasil belajar post-test siswa pada siklus I adalah 64,19, terdapat 22 orang siswa yang tuntas mencapai KKM dan nilai ketuntasan klasikal 55% (belum tuntas karena hal ini belum mencapai kriteria ketuntasan klasikal sebesar ≥ 85%). Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II adalah 74,20, terdapat 34 orang siswa yang tuntas mencapai KKM dan nilai ketuntasan klasikal 85% (tuntas, karena hal ini sudah mencapai kriteria ketuntasan klasikal sebesar ≥ 85%). Terjadi peningkatan hasil belajar biologi siswa sebesar 30%. Berdasarkan persentasi keaktifan belajar siswa pada siklus I dan siklus II, menunjukkkan terjadi peningkatan. Pada siklus I tingkat keaktifan siswa sebesar 60% meningkat menjadi 87,5% pada siklus II. Terjadi peningkatan hasil belajar biologi siswa sebesar 27,5%. Dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa Kombinasi Model Kooperatif Jigsaw dan Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa di kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Medan Tahun Pelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 002 |
Keywords: | Hasil belajar; Aktivitas siswa; Model jigsaw; Numbered head together (NHT); Siklus; Sistem eksresi manusia |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 17 Feb 2017 03:49 |
Last Modified: | 17 Feb 2017 03:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23032 |