Annisa (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA VISUAL PADA SUB MATERI POKOK KULTUR JARINGAN DI KELAS XI MIA SMA NEGERI 1 TANJUNG PURA T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4121141004 COVER SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
2. NIM. 4121141004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
3. NIM. 4121141004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
4. NIM. 4121141004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
5. NIM. 4121141004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
6. NIM. 4121141004 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 4121141004 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 4121141004 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 4121141004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
13. NIM. 4121141004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
14. NIM. 4121141004 BIBLOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan Media Video Pembelajaran dengan Media Visual pada Sub materi Pokok Kultur Jaringan di Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Tanjung Pura Tahun Pembelajaran 2015/2016. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIA-2 yang berjumlah 32 siswa dijadikan sebagai kelas dengan menggunakan Media Video Pembelajaran dan kelas XI MIA-3 yang berjumlah 34 siswa dijadikan sebagai kelas dengan menggunakan Media Visual (Power Point). Berdasarkan hasil analisis data penelitian, diketahui bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan Media Video Pembelajaran dengan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan Media Visual (Power Point), dimana rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan Media Video Pembelajaran adalah sebesar 78,60 dan hasil belajar siswa dengan menggunakan media visual (Power Point) sebesar 71,76. Adanya perbedaan hasil belajar pada kedua kelas tersebut juga terbukti melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dan taraf kepercayaan α = 0,05, dimana thitung > ttabel ( 2,97 > 1,999 ), yang berarti dalam penelitian ini Ha diterima sementara H0 ditolak. Kelas yang hasil belajar dengan menggunakan Media Video Pembelajaran lebih tinggi (83,33%) dari pada kelas Media visual yang menggunakan power point (74,66%) bedasarkan dari rata-rata nilai kognitif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 004 |
Keywords: | Media video pembelajaran; Media visual (power point); Hasil belajar; Nilai kognitif |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 17 Feb 2017 03:10 |
Last Modified: | 17 Feb 2017 03:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23022 |