Nasution, Nurhamidah (2017) ANALISIS SARANA DAN PEMANFAATAN LABORATORIUM IPA (BIOLOGI) DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS XI DI SMA SWASTA NUSANTARA LUBUK PAKAM TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4123341034 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM. 4123341034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
3. NIM. 4123341034 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4. NIM. 4123341034 PREFACE.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
5. NIM. 4123341034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM. 4123341034 ILLUTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 4123341034 TABLE.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
8. NIM. 4123341034 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 4123341034 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
13. NIM. 4123341034 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
14. NIM. 4123341034 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi sarana, minat siswa, frekuensi praktikum dan pemanfaatan laboratorium biologi kelas XI dalam pembelajaran biologi di SMA Swasta Nusantara Lubuk Pakam. Metode yang digunakan pada penelitian ini berupa metode deskriptif dan berjenis survey explorative. Populasi yang dijadikan sebagai objek penelitian adalah seluruh siswa kelas XI jurusan IPA berjumlah 4 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan secara sampel acak (random sampling) sebanyak 160 orang dimana setiap unsur dari keseluruhan populasi mempunyai kesempatan atau peluang yang sama untuk menjadi sampel penelitian. Teknik pengambilan sampel untuk guru dilakukan secara total sampling yakni sebanyak 2 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini antara lain observasi langsung, pembagian angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil analisis data diperoleh keadaan laboratorium pada sekolah sampel tergolong sangat baik dengan persentase 81,72%, minat siswa terhadap kegiatan laboratorium atau praktikum baik rata-rata keadaannya mencapai 80,84%, dan frekuensi pemanfaatan laboratorium dalam pelaksanaan praktikum di SMA Swasta Nusantara Lubuk Pakam diperoleh sebanyak 69%. Peranan guru dalam pembelajaran biologi belum dapat memenuhi prinsip-prinsip pembelajaran biologi seperti yang diharapkan, termasuk belum optimalnya pemanfaatan laboratorium sebagai sarana proses belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 005 |
Keywords: | Sarana laboratorium; Pemanfaatan laboratorium; Praktikum |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 17 Feb 2017 02:40 |
Last Modified: | 17 Feb 2017 02:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23013 |