Gunawan (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK BESARAN DAN SATUAN DI KELAS X SEMESTER I SMA SWASTA SANTO YOSEPH MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123121022 COVER.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
2. NIM 4123121022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
3. NIM 4123121022 BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
4. NIM 4123121022 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
5. NIM 4123121022 PREFACE.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
6.NIM 4123121022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
7. NIM 4123121022 TABLES.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
8. NIM 4123121022 ILLUSTRATRION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM 4123121022 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
10. NIM 4123121022 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
14. NIM 4123121022 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
15. NIM 4123121022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Besaran dan Satuan di kelas x semester I SMA Swasta Santo Yoseph Medan T.P.2015/2016. Jenis penelitian ini ialah quasi eksperiment dan desain penelitian Two Group Pretest-Postes Design dengan populasi seluruh siswa kelas X Semester I SMA Swasta Santo Yoseph Medan yang terdiri dari 4 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas eksperimen X 1 dan kelas kontrol X 4. Instrumen yang digunakan yaitu Tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal dengan terlebih dahulu divalidasi oleh validator. Hasil uji pretes pada awal penelitian diperoleh rata-rata pretes kelas eksperimen 22,26 dengan standar deviasi 8,93. Pada kelas kontrol di dapat rata-rata sebesar 20,48 dengan standar deviasi 8,79. Pada uji normalitas tiap kelas diperoleh Ltabel = 0,1591 untuk kelas eksperimen Lhitung = 0,1148 untuk kelas kontrol Lhitung = 0,1195, sehingga Lhitung < Ltabel, maka data tiap kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,03 dan Ftabel = 1,84, sehingga Fhitung < Ftabel, maka kelas sampel homogen. Dari uji t diperoleh thitung = 0,79 dan ttabel = 2,00, sehingga thitung < ttabel yang berarti H0 diterima. Kemudian diberikan perlakuan pada kelas eksperimen dengan model pembelajaran berbasis masalah, sedangkan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai, diberikan postes dan diperoleh rata-rata kelas eksperimen 74,84 dengan standar deviasi 9,08 dan kelas kontrol 65,97 dengan standar deviasi 9,95. Dari uji t diperoleh thitung = 3,66 dan ttabel = 2,00, sehingga thitung>ttabel yang berarti Ha diterima, dengan demikian ada pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Besaran dan Satuan di kelas x semester I SMA Swasta Santo Yoseph Medan T.P.2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 007 |
Keywords: | Model pembelajaran berbasis masalah; Animasi; Kemampuan pemecahan masalah |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 17 Feb 2017 02:00 |
Last Modified: | 17 Feb 2017 02:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23006 |