PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK BESARAN DAN SATUAN DI KELAS X SEMESTER I SMA SWASTA SANTO YOSEPH MEDAN T.P 2016/2017

Gunawan (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK BESARAN DAN SATUAN DI KELAS X SEMESTER I SMA SWASTA SANTO YOSEPH MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4123121022 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4123121022 COVER.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4123121022 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4123121022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4123121022 BIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4123121022 BIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4123121022 ABSTRACK.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4123121022 ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4123121022 PREFACE.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4123121022 PREFACE.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[thumbnail of 6.NIM 4123121022  TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
6.NIM 4123121022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4123121022 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4123121022 TABLES.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4123121022 ILLUSTRATRION.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4123121022 ILLUSTRATRION.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4123121022 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4123121022 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM 4123121022 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
10. NIM 4123121022 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (322kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4123121022 CHAPTER  V.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4123121022 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM 4123121022 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
15. NIM 4123121022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Besaran dan Satuan di kelas x semester I SMA Swasta Santo Yoseph Medan T.P.2015/2016. Jenis penelitian ini ialah quasi eksperiment dan desain penelitian Two Group Pretest-Postes Design dengan populasi seluruh siswa kelas X Semester I SMA Swasta Santo Yoseph Medan yang terdiri dari 4 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas eksperimen X 1 dan kelas kontrol X 4. Instrumen yang digunakan yaitu Tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal dengan terlebih dahulu divalidasi oleh validator. Hasil uji pretes pada awal penelitian diperoleh rata-rata pretes kelas eksperimen 22,26 dengan standar deviasi 8,93. Pada kelas kontrol di dapat rata-rata sebesar 20,48 dengan standar deviasi 8,79. Pada uji normalitas tiap kelas diperoleh Ltabel = 0,1591 untuk kelas eksperimen Lhitung = 0,1148 untuk kelas kontrol Lhitung = 0,1195, sehingga Lhitung < Ltabel, maka data tiap kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,03 dan Ftabel = 1,84, sehingga Fhitung < Ftabel, maka kelas sampel homogen. Dari uji t diperoleh thitung = 0,79 dan ttabel = 2,00, sehingga thitung < ttabel yang berarti H0 diterima. Kemudian diberikan perlakuan pada kelas eksperimen dengan model pembelajaran berbasis masalah, sedangkan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai, diberikan postes dan diperoleh rata-rata kelas eksperimen 74,84 dengan standar deviasi 9,08 dan kelas kontrol 65,97 dengan standar deviasi 9,95. Dari uji t diperoleh thitung = 3,66 dan ttabel = 2,00, sehingga thitung>ttabel yang berarti Ha diterima, dengan demikian ada pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Besaran dan Satuan di kelas x semester I SMA Swasta Santo Yoseph Medan T.P.2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 FIS 007
Keywords: Model pembelajaran berbasis masalah; Animasi; Kemampuan pemecahan masalah
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 17 Feb 2017 02:00
Last Modified: 17 Feb 2017 02:00
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23006

Actions (login required)

View Item
View Item