Hutapea, Saut Agustinus (2016) UPAYA PENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI SPRINT MELALUI MODIFIKASI PERMAINAN PADA SISWA TUNAGRAHITA DI SMA SLB C SANTA LUSIA MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 6123311083 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM 6123311083 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
8. NIM 6123311083 TABLES.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
3. NIM 6123311083 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
4. NIM 6123311083 PREFACE.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
5. NIM 6123311083 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
7. NIM 6123311083 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
6. NIM 6123311083 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
9. NIM 6123311083 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (546kB) | Preview
13. NIM 6123311083 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
14. NIM 6123311083 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar
lari sprint melalui modifikasi permainan pada siswa tunagrahita di SMA
SLB C Santa Lusia Medan Tahun ajaran 2016/2017. Metode penelitian
yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Lokasi pelaksanaan
penelitian ini dilaksanakan di Medan. Untuk memperoleh data dalam
penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar pada tes awal, lalu setelah
itu dilakukan pembelajaran melalui modifikasi permainan yang dilakukan
Tes Hasil Belajar siklus I dan Tes Hasil Belajar siklus II yang berbentuk
aplikasi teknik dasar lari sprint. Adapun masalah yang berkaitan dengan
kemampuan siswa yaitu : Keterbelakangan mental dan keterbatasan
kemampuan fisik siswa menyulitkan untuk melaksanakan pembelajaran
sesuai dengan yang diharapkan.
Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis : (1) dari tes hasil
belajar sebelum menggunakan modifikasi permainan (pree test) tidak ada
siswa (0%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai
rata-rata 61,5. Kemudian dilakukan pembelajaran melalui modifikasi
permainan. (2) dari tes hasil belajar modifikasi permainan disiklus I
diperoleh 4 siswa (44,4%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar,
sedangkan 5 siswa (55,6%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar,
dengan nilai rata-rata 68,4. Kemudian dilakukan kembali pembelajaran
melalui modifikasi permainan. (3) dari tes hasil belajar melalui modifikasi
permainan disiklus II diperoleh 7 siswa (77,8%) yang mencapai ketuntasan
belajar, sedangkan 2 siswa (22,2%) belum mencapai ketuntasan belajar
dengan nilai rata-rata siswa adalah 73,5. Berdasarkan hasil analisis data
terlihat bahwa dalam menggunakan modifikasi permainan dapat
meningkatkan hasil belajar lari sprint pada siswa tunagrahita di SMA SLB
C Santa Lusia tahun ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PJKR 010 |
Keywords: | Pendidikan Jasmani, Lari Sprint, Permainan |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV712 Athletic contests. Sports events L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Feb 2017 02:02 |
Last Modified: | 17 Feb 2017 02:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23005 |