Oktoberliana S., Debby (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN FIRING LINE TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA SUB MATERI JARINGAN PADA TUMBUHAN DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 PANCUR BATU T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4123141017 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 4123141017 APPROVAL SHEET .pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
3. NIM. 4123141017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
4. NIM. 4123141017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
5. NIM. 4123141017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
6. NIM. 4123141017 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 4123141017 LIST OF TABLES .pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 4123141017 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM. 4123141017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
13. NIM. 4123141017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM. 4123141017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran firing line terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pancur Batu T.P. 2016/2017. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA yang terdiri dari lima kelas (175 orang), dua kelas sampel diambil secara cluster random sampling, yaitu kelas XI IPA3 (30 orang) yang diajar menggunakan model pembelajaran firing line dan XI IPA2 (35 orang) yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Dalam pelaksanaan model pembelajaran firing line dilakukan kegiatan pemberian jawaban terhadap soal-soal yang tersedia berupa kartu soal dengan formasi yang menampilkan pasangan secara bergilir. Dari analisis data, diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran firing line (X ̅=71.70) lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan model konvensional (X ̅=62,70). Pengujian hipotesis menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi (α=0.05) diperoleh thitung>ttabel (3,57>1,99) yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran firing line berupa peningkatan hasil belajar biologi siswa pada sub materi jaringan pada tumbuhan di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pancur Batu T.P. 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 001 |
Keywords: | Hasil belajar; Jaringan pada tumbuhan; Model pembelajaran firing line |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 17 Feb 2017 01:51 |
Last Modified: | 17 Feb 2017 01:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23003 |