PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN FIRING LINE TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA SUB MATERI JARINGAN PADA TUMBUHAN DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 PANCUR BATU T.P. 2016/2017

Oktoberliana S., Debby (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN FIRING LINE TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA SUB MATERI JARINGAN PADA TUMBUHAN DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 PANCUR BATU T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4123141017 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4123141017 COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4123141017 APPROVAL SHEET .pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4123141017 APPROVAL SHEET .pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4123141017 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4123141017 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4123141017 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4123141017 PREFACE.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4123141017 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4123141017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4123141017 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4123141017 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4123141017 LIST OF TABLES .pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4123141017 LIST OF TABLES .pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4123141017 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4123141017 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4123141017 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4123141017 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (327kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4123141017 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4123141017 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4123141017 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4123141017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran firing line terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pancur Batu T.P. 2016/2017. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA yang terdiri dari lima kelas (175 orang), dua kelas sampel diambil secara cluster random sampling, yaitu kelas XI IPA3 (30 orang) yang diajar menggunakan model pembelajaran firing line dan XI IPA2 (35 orang) yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Dalam pelaksanaan model pembelajaran firing line dilakukan kegiatan pemberian jawaban terhadap soal-soal yang tersedia berupa kartu soal dengan formasi yang menampilkan pasangan secara bergilir. Dari analisis data, diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran firing line (X ̅=71.70) lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan model konvensional (X ̅=62,70). Pengujian hipotesis menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi (α=0.05) diperoleh thitung>ttabel (3,57>1,99) yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran firing line berupa peningkatan hasil belajar biologi siswa pada sub materi jaringan pada tumbuhan di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pancur Batu T.P. 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 BIO 001
Keywords: Hasil belajar; Jaringan pada tumbuhan; Model pembelajaran firing line
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 17 Feb 2017 01:51
Last Modified: 17 Feb 2017 01:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23003

Actions (login required)

View Item
View Item