Rahayu, Fransisca Dwi (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN AUTOGRAPH DI SMK KABUPATEN LANGKAT. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8146171026 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2. NIM 814617026 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (558kB) | Preview
3. NIM 8146171026 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
4. NIM 8146171026 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
5. NIM 8146171026 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
6. NIM 8146171026 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
7. NIM 8146171026 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
8. NIM 8146171026 BAB I.pdf - Published Version
Download (683kB) | Preview
12. NIM 8146171026 BAB V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
13. NIM 8146171026 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Apakah peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapat pembelajaran berbasis masalah berbantuan autograph lebih tinggi dari pada siswa yang mendapat pembelajaran biasa. (2) Apakah peningkatan motivasi belajar siswa yang mendapat pembelajaran berbasis masalah berbantuan autograph lebih tinggi dari pada siswa yang mendapat pembelajaran biasa, (3) Bagaimana kadar aktivitas belajar siswa yang diberi pembelajaran berbasis masalah berbantuan autograph, (4) Bagaimana proses penyelesaian jawaban siswa dalam menyelesaikan tes kemampuan komunikasi matematis pada pembelajaran berbasis masalah berbantuan autograph dan pembelajaran biasa.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini siswa SMK Swasta Yapim Taruna Stabat dan siswa SMK Swasta Sri Langkat. Dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI TKJ. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan komunikasi matematis dan skala motivasi belajar siswa. Istrumen dinyatakan telah memenuhi syarat validitas dengan reabilitas sebesar 0.88 untuk kemampuan komunikasi dan 0.847 untuk motivasi belajar siswa. Analisis data dilakukan dengan analisis kovarian (ANACOVA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapat pembelajaran berbasis masalah berbantuan autograph lebih tinggi daripada siswa yang mendapat pembelajaran biasa. Hal ini terlihat dari hasil Anacova untuk Fhitung = 8.483 lebih besar dari Ftabel = 3.96. Konstanta persamaan regresi untuk PBM berbantuan autograph yaitu 39.958 lebih besar dari pembelajaran biasa yaitu 37.456 (2) Peningkatan motivasi belajar siswa yang mendapat pembelajaran berbasis masalah berbantuan autograph lebih tinggi daripada siswa yang mendapat pembelajaran biasa. Hal ini terlihat dari hasil Anacova untuk Fhitung = 7.317 lebih besar dari Ftabel = 3.96. Konstanta persamaan regresi untuk PBM berbantuan autograph yaitu 60.684 lebih besar dari pembelajaran biasa yaitu 53.937 (3) Aktivitas siswa selama proses pembelajaran yang diberi pembelajaran berbasis masalah berbantuan autograph adalah efektif. (4) Proses penyelesaian jawaban siswa kemampuan komunikasi matematis yang diberi pembelajaran berbasis masalah berbantuan autograph lebih baik dibandingkan pembelajaran biasa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 519.720 719 Rah p |
Keywords: | Kemampuan komunikasi matematis; Pembelajaran biasa; Motivasi belajar; Media pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 16 Feb 2017 03:39 |
Last Modified: | 16 Feb 2017 03:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22984 |