PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN AUTOGRAPH DI SMK KABUPATEN LANGKAT

Rahayu, Fransisca Dwi (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN AUTOGRAPH DI SMK KABUPATEN LANGKAT. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8146171026 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8146171026 COVER.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 814617026 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 814617026 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (558kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8146171026 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8146171026 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8146171026 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8146171026 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8146171026 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8146171026 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8146171026 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8146171026 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8146171026 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8146171026 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8146171026  BAB  I.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8146171026 BAB I.pdf - Published Version

Download (683kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 8146171026 BAB V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 8146171026 BAB V.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8146171026 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8146171026 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Apakah peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapat pembelajaran berbasis masalah berbantuan autograph lebih tinggi dari pada siswa yang mendapat pembelajaran biasa. (2) Apakah peningkatan motivasi belajar siswa yang mendapat pembelajaran berbasis masalah berbantuan autograph lebih tinggi dari pada siswa yang mendapat pembelajaran biasa, (3) Bagaimana kadar aktivitas belajar siswa yang diberi pembelajaran berbasis masalah berbantuan autograph, (4) Bagaimana proses penyelesaian jawaban siswa dalam menyelesaikan tes kemampuan komunikasi matematis pada pembelajaran berbasis masalah berbantuan autograph dan pembelajaran biasa.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini siswa SMK Swasta Yapim Taruna Stabat dan siswa SMK Swasta Sri Langkat. Dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI TKJ. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan komunikasi matematis dan skala motivasi belajar siswa. Istrumen dinyatakan telah memenuhi syarat validitas dengan reabilitas sebesar 0.88 untuk kemampuan komunikasi dan 0.847 untuk motivasi belajar siswa. Analisis data dilakukan dengan analisis kovarian (ANACOVA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapat pembelajaran berbasis masalah berbantuan autograph lebih tinggi daripada siswa yang mendapat pembelajaran biasa. Hal ini terlihat dari hasil Anacova untuk Fhitung = 8.483 lebih besar dari Ftabel = 3.96. Konstanta persamaan regresi untuk PBM berbantuan autograph yaitu 39.958 lebih besar dari pembelajaran biasa yaitu 37.456 (2) Peningkatan motivasi belajar siswa yang mendapat pembelajaran berbasis masalah berbantuan autograph lebih tinggi daripada siswa yang mendapat pembelajaran biasa. Hal ini terlihat dari hasil Anacova untuk Fhitung = 7.317 lebih besar dari Ftabel = 3.96. Konstanta persamaan regresi untuk PBM berbantuan autograph yaitu 60.684 lebih besar dari pembelajaran biasa yaitu 53.937 (3) Aktivitas siswa selama proses pembelajaran yang diberi pembelajaran berbasis masalah berbantuan autograph adalah efektif. (4) Proses penyelesaian jawaban siswa kemampuan komunikasi matematis yang diberi pembelajaran berbasis masalah berbantuan autograph lebih baik dibandingkan pembelajaran biasa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 519.720 719 Rah p
Keywords: Kemampuan komunikasi matematis; Pembelajaran biasa; Motivasi belajar; Media pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 16 Feb 2017 03:39
Last Modified: 16 Feb 2017 03:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22984

Actions (login required)

View Item
View Item