Wijaya, Roky Candra (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SIKAP LILIN DALAM PEMBELAJARAN SENAM LANTAI MELALUI GAYA MENGAJAR RESIPROKAL PADA SISWA KELAS VII SMP SWASTA ALMAKSUM KECAMATAN PERCUT SEI TUAN KABUPATEN DELI SERDANG TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 6123111082 COVER.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
2. NIM 6123111082 PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (573kB) | Preview
3. NIM 6123111082 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
4. NIM 6123111082 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
5. NIM 6123111082 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
6. NIM 6123111082 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
7. NIM 6123111082 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
8. NIM 6123111082 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
9. NIM 6123111082 BAB I.pdf - Published Version
Download (395kB) | Preview
13. NIM 6123111082 BAB V.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
14. NIM 6123111082 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar sikap lilin dalam
pembelajaran Senam Lantai Melalui Gaya Mengajar Resiprokal Pada Siswa Kelas
VII Smp Swasta Al-Maksum Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli
Serdang Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini yang menjadi subjek adalah
siswa/siswi kelas VII 4 yang berjumlah sebanyak 24 siswa yang terdiri dari 16
putra dan 8 putri yang akan diberikan tindakan melalui Gaya Mengajar Resiprokal
terhadap proses belajar Sikap Lilin Dalam Pembelajaran Senam Lantai. Metode
yang dipakai pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom
Action Research).
Setelah data terkumpul didapatkan hasil analisis : Nilai siswa sebelum
menggunakan Gaya Mengajar Resiprokal (pre-test) diperoleh 8 siswa yang telah
mencapai ketuntasan belajar (33,33%), sedangkan 16 siswa belum mencapai
ketuntasan belajar ( 66,67%) dengan nilai rata-rata 7,2. Kemudian dilakukan
pembelajaran menggunakan Gaya Mengajar Resiprokal Dari tes hasil belajar
siklus 1 diperoleh sebanyak 13 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan
sebesar (54,16%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 11 orang
siswa (45,83%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil
belajar setelah dikonfersikan adalah 8,12. Dari tes hasil belajar siklus 2 diperoleh
data sebanyak 21 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (87,5%)
yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar dan 3 orang siswa (12,5%) masih
belum tuntas dengan nilai rata-rata siswa 86,60. Maka kenaikan nilai klasikal
ketuntasan siswa dari siklus I ke siklus II mencapai 33,34% dengan kenaikan nilai
rata-rata mencapai 10,41.
Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui Gaya
Mengajar Resiprokal dapat meningkatkan hasil belajar sikap lilin dalam
pembelajaran Senam Lantai Pada Siswa Kelas VII Smp Swasta Al-Maksum
Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang Tahun Ajaran 2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PJKR 008 |
Keywords: | Pendidikan Jasmani, Hasil Belajar, Senam Lantai |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV743 Athletic and sporting goods, supplies, etc. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Feb 2017 09:51 |
Last Modified: | 14 Feb 2017 09:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22973 |