Selviani, Neni (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DAN MODEL DIRECT INSTRUCTION TERINTEGRASI METODE EKSPERIMEN PADA POKOK BAHASAN HIDROLISIS GARAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123131064 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
2. NIM 4123131064 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
4. NIM 4123131064 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
5. NIM 4123131064 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
6. NIM 4123131064 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
7. NIM 4123131064 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
8. NIM 4123131064 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
9. NIM 4123131064 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
10. NIM 4123131064 BAB I.pdf - Published Version
Download (555kB) | Preview
14. NIM 4123131064 BAB V.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
15. NIM 4123131064 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
3. NIM 4123131064 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kimia,
menggunakan model inkuiri terbimbing dan model direct instruction terintegrasi
metode eksperimen pada pokok bahasan hidrolisis garam. Populasi dalam
penelitian ini adalah jumlah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 10 Medan
yang berjumlah 150 orang dan sampel yang digunakan pada penelitian ini dipilih
secara lansung, XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen I menggunakan model inkuiri
terbimbing dengan metode eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen II
menggunakan model direct instruction dengan metode eksperimen. Instrumen
yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes berbentuk soal pilihan
berganda dengan ranah kognitif sebanyak 20 soal yang telah diuji validitas,
tingkat kesukaran, daya pembeda, dan reliabilitasnya. Setelah dilakukan uji
normalitas dan homogenitas dari data, diperoleh bahwa kedua kelompok sampel
berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t-test
uji dua pihak dengan hasil thitung = 8,32 sedangkan ttabel = 1,990 untuk α = 0.05
dan dk = 78 sehingga thitung > 1,990. Peningkatan hasil belajar pada kelas
eksperimen I sebesar 83,9% dan kelas eksperimen II pada kelas esperimen sebesar
70,4% diperoleh perbedaan peningkatan hasil belajar siswa sebesar 13,5% maka
Ha dierima dan Ho ditolak. Sehingga ditarik kesimpulan bahwa ada perbedaan
hasil belajar siswa menggunakan model inkuiri terbimbing dan model direct
instruction terintegrasi metode eksperimen pada pokok bahasan hidrolisis garam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 001 |
Keywords: | Inkuiri terbimbing, Direct Instruction, Eksperimen, Hasil Belajar, Hidrolisis Garam |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Feb 2017 06:54 |
Last Modified: | 14 Feb 2017 06:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22959 |