Perangin-angin, Koldum Basir (2016) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PETA PIKIRAN (MIND MAPPING) TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU BAHAN BANGUNAN KELAS X SMK NEGERI 1 MERDEKA BERASTAGI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5101111007 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
2. NIM 5101111007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (435kB) | Preview
3. NIM 5101111007 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
4. NIM 5101111007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
5. NIM 5101111007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
6. NIM 5101111007 TABLES.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
7. NIM 5101111007 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
8. NIM 5101111007 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
9. NIM 5101111007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (550kB) | Preview
13. NIM 5101111007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
14. NIM 5101111007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh metode pembelajaran Mind Mapping memberikan hasil belajar yang berbeda dan lebih baik dibandingkan dengan metode pembelajaran Konvensional, terhadap hasil belajar Ilmu Bahan Bangunan siswa kelas X SMK Negeri 1 Merdeka Berastagi semester ganjil Tahun Ajaran 2016/2017, yang berjumlah 30 siswa untuk kelas Eksperimen dan 30 siswa kelas Kontrol. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian Quasi Eksperimen. Prosedur perlakuan dikemas ke dalam RPP. Dimana perlakuan pada kelas Eksperimen TGB-1 menggunakan metode pembelajaran Mind Mapping sedangkan pada kelas Kontrol TGB-2 menggunakan pembelajaran Konvensional. Materi mempelajari jenis-jenis kayu, sifat dan karateristik sebagai bahan bangunan. Untuk memproleh data yang diperlukan dalam penelitian, peneliti menggunakan tes objektif sebanyak 30 soal, yang mana sebelumnya tes ini ada 40 soal. Akan tetapi setelah diujicobakan pada kelas XI di luar sampel penelitian untuk melihat kesahian tes, terdapat 30 soal yang memenuhi analisis instrument tes dengan reliabilitas soal sebesar 0,9308. Berdasarkan hasil uji yang telah dilakukan, diketahui bahwa data Pre-tes dan Post-tes dari kedua sampel berdistribusi normal dan memiliki varians yang seragam (homogen). Hasil penelitian menunjukan bahwa:1) Penggunaan metode Mind Mapping memberikan pengaruh yang berbeda terhadap hasil belajar Ilmu Bahan Bangunan pada siswa kelas X Progran Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 1 Merdeka Berastagi Tahun Ajaran 2016/2017, dimana berdasarkan hasil pengujian hipotesis anava satu jalan untuk post-tes Fhitung = 50,948 > Ftabel = 4,008, maka Ha diterima dan Ho ditolak dalam taraf 0,05. 2) Penggunaan metode pembelajaran Mind Mapping memberikan pengaruh yang lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran Konvensional yang dilanjutkan ke uji-t diperoleh thitung = 7,138 > ttabel = 1,689, maka Ha diterima dan H0 ¬ ditolak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BAN 003 |
Keywords: | Peta pikiran (mind mapping); Hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 14 Feb 2017 04:54 |
Last Modified: | 16 Feb 2017 02:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22953 |