PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF EFFICACY SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL

Lestari, Dewi (2016) PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF EFFICACY SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. NIM. 8146171016 COVER.pdf.pdf]
Preview
Text
01. NIM. 8146171016 COVER.pdf.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of 02. NIM. 8146171016 APPROVAL SHEET.pdf.pdf]
Preview
Text
02. NIM. 8146171016 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version

Download (603kB) | Preview
[thumbnail of 03. NIM. 8146171016 ABSTRACT.pdf.pdf]
Preview
Text
03. NIM. 8146171016 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of 04. NIM. 8146171016 PREFACE.pdf.pdf]
Preview
Text
04. NIM. 8146171016 PREFACE.pdf.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of 05. NIM. 8146171016 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
05. NIM. 8146171016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[thumbnail of 06. NIM. 8146171016 TABLES.pdf]
Preview
Text
06. NIM. 8146171016 TABLES.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 07. NIM. 8146171016 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
07. NIM. 8146171016 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 08. NIM. 8146171016 CHAPTER I.pdf.pdf]
Preview
Text
08. NIM. 8146171016 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version

Download (660kB) | Preview
[thumbnail of 012. NIM. 8146171016 CHAPTER V.pdf.pdf]
Preview
Text
012. NIM. 8146171016 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[thumbnail of 013. NIM. 8146171016 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf]
Preview
Text
013. NIM. 8146171016 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version

Download (310kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang diajarkan dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik dengan siswa yang diajarkan secara konvensional, (2) Mengetahui perbedaan self efficacy antara siswa yang diajarkan dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik dengan siswa yang diajarkan secara konvensional, (3) Mengetahui interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, (4) Mengetahui interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap self efficacy siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari seluruh siswa SMP Kelas VII Swasta Asuhan Jaya T.A. 2015/2016, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sebanyak dua kelas VII yang homogen berjumlah 64 siswa. Analisis data dilakukan dengan Anava dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang diajarkan dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik dengan siswa yang diajarkan secara konvensional, (2) Terdapat perbedaan self efficacy antara siswa yang diajarkan dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik dengan siswa yang diajarkan secara konvensional, (3) Terdapat interaksi antara pendekatan Pendidikan Matematika Realistik dan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan komunikasi matematis, (4) Terdapat interaksi antara pendekatan Pendidikan Matematika Realistik dan kemampuan awal matematika terhadap self efficacy siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 Les p
Keywords: Pendidikan matematika realistik; Pembelajaran konvensional; Komunikasi matematis; Self efficacy
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 14 Feb 2017 03:41
Last Modified: 14 Feb 2017 03:41
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22941

Actions (login required)

View Item
View Item