Sianturi, Bahagia (2016) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI (SPI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT MENGGUNAKAN PERKAKAS TANGAN DI KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK MESIN SMK N 1 BALIGE T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM. 5113121010 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
02. NIM. 5113121010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (413kB) | Preview
03. NIM. 5113121010 ABSTRAK .pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
04. NIM. 5113121010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
05. NIM. 5113121010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
06. NIM. 5113121010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
07. NIM. 5113121010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
08. NIM. 5113121010 DAFTAR GAMBAR .pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
09. NIM. 5113121010 BAB I .pdf - Published Version
Download (466kB) | Preview
013.NIM. 5113121010 BAB V .pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
014.NIM. 5113121010 DAFTAR PUSTAKA .pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata diklat menggunakan perkakas tangan di kelas X Program Keahlian Teknik Mesin SMK N 1 Balige T.P. 2016/2017, melalui penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri (SPI). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Teknik Mesin SMK N 1 Balige T.P. 2016/2017 yang berjumlah 24 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan juga memberikan tes berupa pretest yang berjumlah 5 soal uraian dan postest 1 dan 2 yang masing-masing berjumlah 10 soal pilihan ganda pada setiap siklusnya. Parameter yang diamati dalam penelitian ini adalah aktivitas siswa dan aktivitas guru serta hasil belajar siswa. Observasi dilakukan untuk mengamati aktivitas guru dan siswa. Hasil belajar dapat diketahui dengan memberikan pretest sebelum memulai pembelajaran dan posttest yang diberikan di akhir siklus pembelajaran. Aktivitas belajar siswa yang diamati meliputi: (1) mendengarkan penjelasan guru, (2) mengajukan pendapat/hipotesis, (3) bertanya, (4) merespon pertanyaan guru, (5) merespon pertanyaan siswa lain. Hasil belajar siswa pada siklus I dengan rata-rata 59,79, tingkat ketuntasan klasikal siswa rata-rata 50% atau 12 dari 24 siswa. Pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan rata-rata 78,75, tingkat ketuntasan klasikal siswa rata-rata 79,17% atau 19 dari 24 siswa. Aktivitas rata-rata guru pada siklus II juga mengalami peningkatan dengan rata-rata 20,83% setelah tindakan siklus II. Strategi pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata diklat Menggunakan Perkakas Tangan di kelas X Program Keahlian Teknik Mesin SMK N 1 Balige T.P. 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MES 007 |
Keywords: | Rata-rata hasil belajar; Rata-rata aktifitas belajar; Strategi pembelajaran inkuiri (SPI) |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > T Technology (General) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 13 Feb 2017 03:23 |
Last Modified: | 13 Feb 2017 03:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22929 |