Prasetiawan, M. Chandra (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEKNOLOGI MEKANIK PADA SISWA KELAS X TEKNIK PERMESINAN SMK SWASTA YWKA MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM. 5113121028 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
02. NIM. 5113121028 LEGIMINATION SHEET.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
03. NIM. 5113121028 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
04. NIM. 5113121028 PREFEACE.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
05. NIM. 5113121028 TABLE OF CONTENS.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
06. NIM. 5113121028 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
07. NIM. 5113121028 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
08. NIM. 5113121028 LIST OF APPENDDEXES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
09. NIM. 5113121028 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (532kB) | Preview
013. NIM. 5113121028 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
014. NIM. 5113121028 REFRENCES.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Teknologi Mekanik pada siswa kelas X Program Keahlian Teknik Permesinan SMK Swasta YWKA Medan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 39 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observating), dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data dengan observasi, dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil evaluasi proses dan hasil pada setiap pembelajaran dan berdasarkan kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan dalam penelitian ini, ditemukan pada siklus I nilai rata-rata pretest siswa 51,41, lalu pada pelaksanaan posttest meningkat menjadi 70,4. Kemudian setelah dilakukan tindakan perbaikan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada siklus II terjadi peningkatan nilai rata-rata posttest siswa, nilai rata-rata posttest meningkat menjadi 83,7. Demikian halnya dengan ketuntasan belajar siswa siklus I sebanyak 21 orang siswa (53,84%) dinyatakan tuntas dan setelah dilakukan tindakan perbaikan siklus II sebanyak 32 orang siswa (82,05%) yang dinyatakan telah tuntas, sedangkan 7 orang siswa (17,95%) belum tuntas. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I dengan rata-rata 56,41% siswa tergolong cukup aktif, dan setelah dilakukan tindakan perbaikan siklus II diperoleh rata-rata 87,17% siswa tergolong aktif. Dengan demikian dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Teknologi Mekanik pada siswa kelas X Program Keahlian Teknik Permesinan SMK Swasta YWKA Medan T.A 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MES 005 |
Keywords: | Hasil belajar teknologi mekanik; Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > T Technology (General) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 13 Feb 2017 03:05 |
Last Modified: | 13 Feb 2017 03:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22928 |