Situmeang,, Clara Florensia (2016) HUBUNGAN PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS IX SMP KALAM KUDUS MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2123311014 COVER.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
2. NIM 2123311014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (432kB) | Preview
3. NIM 2123311014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
4. NIM 2123311014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
5. NIM 2123311014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
6. NIM 2123311014 TABLES.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
7. NIM 2123311014 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
8. NIM 2123311014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (565kB) | Preview
11. NIM 2123311014 CHAPTER IV.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM 2123311014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis teks berita. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Kalam Kudus Medan Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak kelas sehingga diperoleh sampel sebanyak satu kelas yaitu kelas IX-D dengan jumlah siswa sebanyak 33 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes objektif pilihan bergannda serta penugasan.
Dari pengolahan data, diketahui tingkat penguasaan kosakata siswa tergolong baik dengan rata-rata sebesar 72,88. Sementara dari penugasan, diketahui kemampuan siswa dalam menulis teks berita tergolong baik dengan rata-rata sebesar 70,61. Dari hasil analisis data yang dilakukan, ternyata ada hubungan antara penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis teks berita. Adanya hubungan ini dapat dilihat dari nilai koefisien korelasi yang diuji dengan menggunakan rumus korelasi product moment Pearson. Dari hasil pengujian diketahui nilai koefisien korelasi sebesar 0,78 lebih besar dari rtabel 0,344 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Nilai ini tergolong interpretasi tinggi dengan kontribusi sebesar 60,84%. Pada persamaan regresi Ŷ = 9,07 + 0,84X, setiap peningkatan penguasaan kosakata sebesar satu satuan, terjadi hasil peningkatan kemampuan menulis teks berita siswa sebesar 0,84 satuan. Mengacu pada arti kelinieran regresi tersebut, diperoleh gambaran bahwa penguasaan kosakata turut menentukan kemampuan menulis teks berita siswa kelas IX SMP Kalam Kudus Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 IND 003 |
Keywords: | penguasaan kosakata, menulis teks berita |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4699 Journalism. The periodical press, etc. |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 10 Feb 2017 07:07 |
Last Modified: | 10 Feb 2017 07:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22906 |