PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN BELIEF SISWA KELAS VIII MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN SCIENTIFIC DI SMP NEGERI 4 LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2016/2017

Hikmalia (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN BELIEF SISWA KELAS VIII MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN SCIENTIFIC DI SMP NEGERI 4 LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2016/2017. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8146172026 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8146172026 COVER.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8146172026 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8146172026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8146172026 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8146172026 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8146172026 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8146172026 PREFACE.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8146172026 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8146172026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8146172026 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8146172026 TABLES.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8146172026 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8146172026 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8146172026 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8146172026 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (906kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 8146172026 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 8146172026 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8146172026 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8146172026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah kemampuan berpikir kritis matematis dan belief siswa yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran scientific lebih tinggi dari pada siswa yang diajarkan dengan pembelajaran ekspositori, (2) ada atau tidaknya interaksi antara kemampuan awal siswa dengan pendekatan pembelajaran scientific terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dan belief siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara acak (cluster random sampling), dua kelas yang terpilih adalah kelas VIII1 SMP Negeri 4 Lubuk Pakam sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII4 SMP Negeri 4 Lubuk Pakam sebagai kelas kontrol, kelas eksperimen diberi perlakuan dengan pendekatan pembelajaran scientific, kelas control diberi perlakuan pembelajaran ekspositori. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes kemampuan berpikir kritis matematis dan angket belief yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan menggunakan ANAVA dua jalur. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran scientific lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran ekspositori, dimana peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada indikator mensintesis lebih tinggi dibandingkan dengan tiga indikator lainnya, (2) Peningkatan belief matematis siswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran scientific lebih tinggi daripada yang diajar dengan pembelajaran ekspositori, dimana peningkatan belief matematis siswa pada indikator kepercayaan terhadap matematika, kepercayaan terhadap pembelajaran dan kepercayaan terhadap pengajaran secara deskriptif persentase perolehan skor siswa pada kategori minimal sedang mencapai 96,88%, (3) Terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran scientific dan KAM siswa terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Dimana selisih rata-rata peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol pada kelompok KAM tinggi sebesar 0,1614, pada kelompok KAM sedang sebesar 0,0576 dan pada KAM rendah diperoleh sebesar 0,2232; dan 4) Terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran scientific dan KAM siswa terhadap peningkatan belief siswa. Dimana selisih rata-rata peningkatan belief siswa pada kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol pada kelompok KAM tinggi sebesar 0,0847, pada kelompok KAM sedang sebesar 0,0295 dan pada KAM rendah diperoleh sebesar 0,345.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 Hik p
Keywords: Pendekatan pembelajaran scientific; Pembelajaran ekspositori; Kemampuan berpikir kritis matematis; Belief
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 10 Feb 2017 03:15
Last Modified: 10 Feb 2017 03:15
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22899

Actions (login required)

View Item
View Item