Satriani, Fikih (2009) EFEKTIVITAS MEDIA VIDEO COMPACT DISK (VCD) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK ISI BERITA OLEH SISWA KELAS IX MTS AL-WASHLIYAH 27 FIRDAUS KECAMATAN SEI RAMPAH TAHUN PEMBELAJARAN 2009/2010. Undergraduate thesis, UNIMED.
sampul.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
abstrak.pdf - Published Version
Download (378kB) | Preview
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
BAB V.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas Video Compact Disk
media VCD dalam meningkatkan keterampilan menyimak isi berita oleh Siswa
Kelas IX MTS Al-Washliyah 27 Firdaus Kecamatan Sei Rampah Tahun
Pembelajaran 2009/2010. Sehubungan dengan itu hal yang dilihat adalah
keterampilan menyimak siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan media
VCD, keterampilan menyimak siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa
menggunakan media VCD, dan perbedaan keterampilan menyimak antara yang
mengikuti pembelajaran menggunakan media VCD dengan yang tidak
menggunakan media VCD.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX MTS Al-Washliyah 27
Firdaus Kecamatan Sei Rampah Tahun Pembelajaran 2009/2010 yang berjumlah
136 orang. Sampel penelitian diambil 50% dari jumlah populasi yaitu 68 siswa,
selanjutnya sampel dibagi lagi atas dua bagian yaitu 34 kelas eksperimen dan
34 kelas kontrol.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen
yaitu metode penelitian yang dilakukan dengan mengadakan pengamatan secara
teliti terhadap objek penelitian serta adanya kontrol terhadap objek yang diteliti.
Alat pengumpul data yang digunakan adalah tes tertulis dalam bentuk penugasan,
yakni menugaskan siswa menuliskan isi berita yang disimak.
Dari hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa adalah keterampilan
menyimak siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan media VCD adalah
baik dengan nilai rata-rata 70,88. Keterampilan menyimak siswa yang mengikuti
pembelajaran tanpa menggunakan media VCD adalah cukup dengan nilai rata-rata
62,79. Ada perbedaan keterampilan menyimak antara siswa yang mengikuti
pembelajaran menggunakan media VCD dengan yang tidak menggunakan media
VCD oleh siswa kelas IX MTS Al-Washliyah 27 Firdaus Kecamatan Sei Rampah
Tahun Pembelajaran 2009/2010. Hal ini diperkuat dari hasil perhitungan dan
analisis uji t pada taraf signifikan 5% diperoleh nilai thitung > t tabel (0,05), yaitu 3,99
> 2,00. Ini bermakna penggunaan media VCD efektif diterapkan dalam
meningkatkan keterampilan siswa menyimak isi berita.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2009 IND |
Keywords: | vcVCD, Keterampilan, Berita |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P306 Translating and interpreting |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Jul 2017 02:28 |
Last Modified: | 11 Jul 2017 02:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22884 |