EFEKTIVITAS MEDIA VIDEO COMPACT DISK (VCD) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK ISI BERITA OLEH SISWA KELAS IX MTS AL-WASHLIYAH 27 FIRDAUS KECAMATAN SEI RAMPAH TAHUN PEMBELAJARAN 2009/2010

Satriani, Fikih (2009) EFEKTIVITAS MEDIA VIDEO COMPACT DISK (VCD) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK ISI BERITA OLEH SISWA KELAS IX MTS AL-WASHLIYAH 27 FIRDAUS KECAMATAN SEI RAMPAH TAHUN PEMBELAJARAN 2009/2010. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of sampul.pdf]
Preview
Text
sampul.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of PERSETUJUAN.pdf]
Preview
Text
PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of abstrak.pdf]
Preview
Text
abstrak.pdf - Published Version

Download (378kB) | Preview
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR GRAFIK.pdf]
Preview
Text
DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas Video Compact Disk
media VCD dalam meningkatkan keterampilan menyimak isi berita oleh Siswa
Kelas IX MTS Al-Washliyah 27 Firdaus Kecamatan Sei Rampah Tahun
Pembelajaran 2009/2010. Sehubungan dengan itu hal yang dilihat adalah
keterampilan menyimak siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan media
VCD, keterampilan menyimak siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa
menggunakan media VCD, dan perbedaan keterampilan menyimak antara yang
mengikuti pembelajaran menggunakan media VCD dengan yang tidak
menggunakan media VCD.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX MTS Al-Washliyah 27
Firdaus Kecamatan Sei Rampah Tahun Pembelajaran 2009/2010 yang berjumlah
136 orang. Sampel penelitian diambil 50% dari jumlah populasi yaitu 68 siswa,
selanjutnya sampel dibagi lagi atas dua bagian yaitu 34 kelas eksperimen dan
34 kelas kontrol.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen
yaitu metode penelitian yang dilakukan dengan mengadakan pengamatan secara
teliti terhadap objek penelitian serta adanya kontrol terhadap objek yang diteliti.
Alat pengumpul data yang digunakan adalah tes tertulis dalam bentuk penugasan,
yakni menugaskan siswa menuliskan isi berita yang disimak.
Dari hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa adalah keterampilan
menyimak siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan media VCD adalah
baik dengan nilai rata-rata 70,88. Keterampilan menyimak siswa yang mengikuti
pembelajaran tanpa menggunakan media VCD adalah cukup dengan nilai rata-rata
62,79. Ada perbedaan keterampilan menyimak antara siswa yang mengikuti
pembelajaran menggunakan media VCD dengan yang tidak menggunakan media
VCD oleh siswa kelas IX MTS Al-Washliyah 27 Firdaus Kecamatan Sei Rampah
Tahun Pembelajaran 2009/2010. Hal ini diperkuat dari hasil perhitungan dan
analisis uji t pada taraf signifikan 5% diperoleh nilai thitung > t tabel (0,05), yaitu 3,99
> 2,00. Ini bermakna penggunaan media VCD efektif diterapkan dalam
meningkatkan keterampilan siswa menyimak isi berita.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2009 IND
Keywords: vcVCD, Keterampilan, Berita
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P306 Translating and interpreting
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 11 Jul 2017 02:28
Last Modified: 11 Jul 2017 02:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22884

Actions (login required)

View Item
View Item