Pasaribu, Donna Frisda (2009) KEMAMPUAN MENGAPRESIASI CERPEN “LAKI-LAKI YANG KAWIN DENGAN PERI” KARYA KUNTOWIJOYO BERDASARKAN PENDEKATAN OBJEKTIF OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TANJUNG MORAWA TAHUN PEMBELAJARAN 2008/2009. Undergraduate thesis, UNIMED.
COPER.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
ARSTRAC.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
Daftar isi.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
DOKUMENTASI.pdf - Published Version
Download (444kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (407kB) | Preview
PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi
mastery learning dalam menentukan makna kata ulang dalam konteks kalimat
oleh siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Morawa. Populasi penelitian ini
adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran
2008/2009 yang berjumlah 160 orang. Dari 160 orang siswa diambil sampel
sebanyak 50 orang siswa. Sampel dibagi menjadi dua kelompok yaitu 25 orang
siswa sebagai kelompok eksperimen yakni kelompok yang mendapat perlakuan
metode pembelajaran strategi mastery learning dan 25 orang siswa lagi menjadi
kelompok kontrol yakni kelompok yang mendapat perlakuan dengan metode
konvensional.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan design post-test
only design group yaitu untuk melihat pengaruh metode pembelajaran strategi
mastery learning dalam menentukan makna kata ulang dalam konteks kalimat
oleh siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran
2008/2009. Rumus yang digunakan adalah rumus dari Sudijono, 2006:314, yaitu :
to =
MX MY SE
Mx My
−
−
Data hasil penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata hasil pembelajaran
menentukan makna kata ulang dengan menggunakan metode pembelajaran
strategi mastery learning lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan metode
konvensional. Yakni, dengan menggunakan metode pembelajaran mastery
learning mendapat nilai rata-rata yakni 79,44 dan standart deviasi 6,62 sedangkan
pembelajaran dengan menggunakan metode konvensional mendapat nilai rata-rata
yakni 69,92 dan standart deviasi 9,15.
Dari hasil pengujian hipotesis dengan statistik uji t- diperoleh t hitung
sebesar 5,31 dan dikonsultasikan dengan tabel t- tabel pada taraf signifikan 5%
sebesar 2,06 dan 1% 2,79, dan karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu
2,06< 5,31>2,79 maka dapat disimpulkan bahwa hasil pembelajaran metode
mastery learning berpengaruh secara positif terhadap kemampuan siswa dalam
menentukan makna kata dalam konteks kalimat oleh siswa kelas X SMA Negeri 1
Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2008/2009
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2009 IND |
Keywords: | Strategi Mastery Learning,Reduplikasi,Makna Perulangan |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P325 Semantics |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 06 Feb 2017 03:22 |
Last Modified: | 06 Feb 2017 03:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22879 |