Manurung, Betty. (2009) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MEMAHAMI PERUBAHAN MAKNA KATA DENGAN COLLABORATIVE LEARNING DAN METODE TRADISIONAL OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANGUN PURBA TAHUN PEMBELAJARAN 2008/2009. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
2. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
3. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
4. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
5. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
6. BAB I.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
10. BAB V.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar
memahami perubahan makna kata dengan collaborative learning dan metode
tradisional oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bangun Purba Tahun
Pembelajaran 2008/2009. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
VIII SMP Negeri 2 Bangun Purba yang berjumlah 118 orang siswa. Sampel
Penelitian ini sebanyak 30 orang yakni seluruh populasi yang ada. Metode dalam
penelitian ini bersifat eksperimen. Dengan menggunakan rumus :
to =
Dari pengolahan data diperoleh adalah variabel X dengan rata-rata = 70,66
, standar deviasi = 8,91 dan termasuk pada kategori sangat baik 6,6%, kategori
baik 60% dan kategori cukup 33,4%. Hasil variabel Y dengan rata-rata = 59
standar deviasi 7,11 dan termasuk kategori baik 13,33% , kategori cukup 60%,
dan kategori kurang 26,67%. Dari uji data hasil variabel X dan variabel Y didapat
kedua hasil berdistribusi normal. Dari uji homogenitas didapat bahwa sampel
penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan
homogenitas selanjutnya uji hipotesis atau to sebesar 5,66. Selanjutnya to
diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5%
maupun 1% dengan df = N – 1 = 15 – 1 =14. Karena pada tabel df =14. Dari df =
15 diperoleh taraf signifikansi 5% = 2,14 dan 1% = 2,98. Karena to yang
diperoleh lebih besar dari yaitu 2,14 < 5,66 > 2,98 maka hipotesis diterima.
Akhirnya dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan
antara hasil belajar memahami makna kata dengan collaborative learning dan
metode tradisional oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bangun Purba Tahun
Pembelajaran 2008/2009.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2009 IND |
Keywords: | Collaborative Learning,Hasil Belajar,Makna Kata |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P201 Comparative grammar |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Feb 2017 08:13 |
Last Modified: | 03 Feb 2017 08:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22873 |