PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 LAWE SIGALA-GALA ACEH TENGGARA TAHUN PEMBELAJARAN 2009/2010

Butar Butar, Basirun (2009) PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 LAWE SIGALA-GALA ACEH TENGGARA TAHUN PEMBELAJARAN 2009/2010. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 2. PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 3. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 4. KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of 5. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 6. DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 9. BAB  I.pdf]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (337kB) | Preview
[thumbnail of 13. BAB V.pdf]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil pembelajaran
kemampuan menulis cerpen berdasarkan pengalaman dari peristiwa gempa bumi di
Aceh Tenggara yang menggunakan pendekatan kontekstual dengan hasil
pembelajaran kemampuan menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi tanpa
menggunakan pendekatan kontekstual. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas X SMA negeri 2 Lawe Sigala-Gala Aceh tenggara tahun Pembelajaran
2009/2010 yang berjumlah 120 orang siswa. Sampel penelitian ini adalah sampel
yang langsung ditetapkan untuk mejadi wakil dari populasi yang ada yaitu sebanyak
32 orang siswa dari jumlah populasi 120 orang siswa tersebut.
Metode dalam penelitian ini bersifat eksperimen dengan desain one group pre
test and post test design.
Dari pengolahan data diperoleh hasil pre test sebanyak 2020 dengan nilai ratarata
= 63,12, standard deviasi = 7,88 dan termasuk pada kategori baik 16%, kategori
cukup 34%, dan karegori kurang yakni 41% dari kategori sangat kurang 9%. Hasil
post test sebanyak 2395 dengan nilai rata-rata = 74,84, standard deviasi = 8,14 dan
dari kategori sangat baik sekali 19%, kategori baik 41,%, kategori cukup 34% dan
kategori kurang yakni 6%. Dari uji data hasil pre test dan post test di dapat kedua
hasil berdistribusi normal. Dari uji homogenitas di dapat bahwa sample penelitian ini
berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, di
dapatlah to sebesar 7,. Selanjutnya to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan
tabel t pada taraf signifikasi 5% dengan df=N-1=32-1=30. dari df=31 diperoleh taraf
signifikasi 5%=2,02. karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 2,02<7, maka
hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.
Akhirnya dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara
hasil kemampuan menulis cerpen denga pendekatan kontekstual , dengan kemampuan
menulis cerpen tanpa menggunakan pendekatan kontekstual siswa Kelas X SMA
Negeri 2 Lawe Sigala-Gala Aceh Tenggara Tahun Pembelajaran 2008/2009.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2009 IND
Keywords: Cerpen, Kontruktivisme,Masyarakat Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 03 Feb 2017 04:25
Last Modified: 03 Feb 2017 04:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22869

Actions (login required)

View Item
View Item