Butar Butar, Basirun (2009) PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 LAWE SIGALA-GALA ACEH TENGGARA TAHUN PEMBELAJARAN 2009/2010. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
7. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (337kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil pembelajaran
kemampuan menulis cerpen berdasarkan pengalaman dari peristiwa gempa bumi di
Aceh Tenggara yang menggunakan pendekatan kontekstual dengan hasil
pembelajaran kemampuan menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi tanpa
menggunakan pendekatan kontekstual. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas X SMA negeri 2 Lawe Sigala-Gala Aceh tenggara tahun Pembelajaran
2009/2010 yang berjumlah 120 orang siswa. Sampel penelitian ini adalah sampel
yang langsung ditetapkan untuk mejadi wakil dari populasi yang ada yaitu sebanyak
32 orang siswa dari jumlah populasi 120 orang siswa tersebut.
Metode dalam penelitian ini bersifat eksperimen dengan desain one group pre
test and post test design.
Dari pengolahan data diperoleh hasil pre test sebanyak 2020 dengan nilai ratarata
= 63,12, standard deviasi = 7,88 dan termasuk pada kategori baik 16%, kategori
cukup 34%, dan karegori kurang yakni 41% dari kategori sangat kurang 9%. Hasil
post test sebanyak 2395 dengan nilai rata-rata = 74,84, standard deviasi = 8,14 dan
dari kategori sangat baik sekali 19%, kategori baik 41,%, kategori cukup 34% dan
kategori kurang yakni 6%. Dari uji data hasil pre test dan post test di dapat kedua
hasil berdistribusi normal. Dari uji homogenitas di dapat bahwa sample penelitian ini
berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, di
dapatlah to sebesar 7,. Selanjutnya to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan
tabel t pada taraf signifikasi 5% dengan df=N-1=32-1=30. dari df=31 diperoleh taraf
signifikasi 5%=2,02. karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 2,02<7, maka
hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.
Akhirnya dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara
hasil kemampuan menulis cerpen denga pendekatan kontekstual , dengan kemampuan
menulis cerpen tanpa menggunakan pendekatan kontekstual siswa Kelas X SMA
Negeri 2 Lawe Sigala-Gala Aceh Tenggara Tahun Pembelajaran 2008/2009.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2009 IND |
Keywords: | Cerpen, Kontruktivisme,Masyarakat Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Feb 2017 04:25 |
Last Modified: | 03 Feb 2017 04:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22869 |