Siregar, Ahmad Badren (2009) EFEKTIVITAS PENERAPAN TEKNIK AKTING STANISLAVSKY DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERMAIN DRAMA SISWA KELAS XI MAN I MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2008/2009. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVERf.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
3. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
4. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
5. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
6. DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
7. BAB I.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
11. BAB V.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada materi
bermain drama dengan mengunakan teknik yang sesuai dengan kebutuhan
bermain drama yaitu Teknik Akting Stanislavsky, yang dilaksanakan pada Juni-
Juli. Penelitian ini dilaksanakan di MAN I Medan Tahun Pembelajaran
2008/2009. Sampel penelitian ini adalah sampel yang langsung ditetapkan untuk
mejadi wakil dari populasi yang ada yaitu sebanyak 36 orang siswa dari jumlah
populasi 240 orang siswa.
Metode dalam penelitian ini bersifat quasi experimen (eksperimen semu). Dari
pengolahan data diperoleh hasil pre test dengan rata-rata = 66,67, standard deviasi
= 6,90 dan termasuk pada kategori baik sebanyak 19,44%, kategori cukup
sebanyak 38,89%, kategori kurang sebanyak 41,67%. Hasil post test dengan ratarata
= 80,67, standard deviasi = 6,36, dan dari kategori sangat baik sebanyak
22,22%, kategori baik sebanyak 61,11%, dan kategori cukup sebanyak 16,67%.
Dari uji data hasil pre test dan post test di dapat kedua hasil berdistribusi normal.
Dari uji homogenitas di dapat bahwa sample penelitian ini berasal dari populasi
yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, di dapatlah t0 sebesar
3,45. Selanjutnya t0 diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf
signifikasi 5% dengan df=N-1=36-1=35. dari df=35 diperoleh taraf signifikasi
5%=2,03. karena t0 yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 3,45>2,03, maka
hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.
Akhirnya dapat disimpulkan bahwa Teknik Akting Stanislavsky efektif untuk
meningkatkan kemampuan siswa dalam bermain drama.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2009 IND |
Keywords: | Teknik Akting Stanislavsky,Imajinasi,Pengendoran Otot |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1600 Drama |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 Feb 2017 07:57 |
Last Modified: | 02 Feb 2017 07:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22865 |