PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS DI SMA YAPIM BIRU-BIRU KAB.DELI SERDANG TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Gusar, Martua Reynhat Sitanggang (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS DI SMA YAPIM BIRU-BIRU KAB.DELI SERDANG TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8146192016 COVER TESIS.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8146192016 COVER TESIS.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8146192016 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8146192016 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (831kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8146192016 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8146192016 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8146192016 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8146192016 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8146192016 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8146192016 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8146192016 TABEL DAN GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8146192016 TABEL DAN GAMBAR.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8146192016 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8146192016 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8146192016 BAB I.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8146192016 BAB I.pdf - Published Version

Download (883kB) | Preview
[thumbnail of 12 NIM 8146192016 BAB V.pdf]
Preview
Text
12 NIM 8146192016 BAB V.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8146192016 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8146192016 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview

Abstract

Penelitian dan pengembangan dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar teks eksplanasi kompleks sekaligus menguji keefektifan produk yang dapat dimanfaatkan siswa Kelas XI SMA YAPIM Biru biru sebagai salah satu untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Hasil validasi dari ahli materi dalam pengembangan bahan ajar teks eksplanasi kompleks untuk siswa menunjukkan bahwa kelayakan komponen bahan ajar dengan rata-rata 92,50 pada kriteria sangat baik dan kelayakan substansi materi dengan rata-rata 94,54 pada kriteria sangat baik. Dengan demikian, bahan ajar teks eksplanasi kompleks berupa modul yang dikembangkan secara keseluruhan termasuk dalam kriteria “sangat baik”. Hasil validasi dari ahli desain terhadap kelayakan desain dalam pengembangan bahan ajar berupa modul teks eksplanasi kompleks untuk siswa yang dikembangkan menunjukkan bahwa ukuran modul memiliki persentase rata-rata 100% pada kriteria sangat baik, desain sampul modul dengan rata-rata 88,89% pada kriteria sangat baik, dan desain isi modul dengan rata-rata 82,89% pada kriteria sangat baik. Hasil persentase rata-rata dari keseluruhan sub komponen penilaian kelayakan penyajian adalah 87,00% dengan kriteria “sangat baik”. Dengan demikian, kelayakan desain bahan ajar teks eksplansi kompleks berupa modul yang dikembangkan dapat dijadikan pola desain yang akan digunakan siswa. Hasil data yang diperoleh dari guru, menyatakan bahwa bahan ajar berupa modul teks eksplanasi kompleks untuk siswa kelas XI yang dikembangkan sesuai dengan penilaian indikator dalam pernyataan secara keseluruhan dengan rata-rata 90,81% pada kriteria “sangat baik”. Hal ini sesuai dengan dengan hasil penelitian Gagne (1979) yang menyatakan bahwa bahan ajar yang terbaik di dunia tidak akan memenuhi fungsi dan peranannya jika bahan ajar tidak disukai oleh seorang pengajar. Data-data yang diperoleh dari siswa bahwa bahan ajar berupa modul teks eksplanasi kompleks yang dikembangkan sesuai dengan penilaian indikator dalam pernyataan secara keseluruhan menunjukkan bahwa (1) persentase rata-rata dari uji coba perorangan adalah 82,32% dengan kriteria “sangat baik”, (2) persentase rata-rata dari uji coba kelompok kecil adalah 91,27% dengan kriteria “sangat baik”, dan (3) persentase rata-rata dari uji kelompok lapangan terbatas adalah 94,04% dengan kriteria “sangat baik”. Data hasil respon siswa terhadap modul yang dikembangkan mengalami peningkatan yaitu peningkatan sebesar 8,95% dari uji coba perorangan ke uji coba kelompok kecil, dan peningkatan 2,77% dari uji coba kelompok kecil ke uji coba kelompok lapangan terbatas. Menurut Belawati (2003:110) sebuah bahan ajar dianggap final setelah memperlihatkan hasil yang memuaskan dalam mencapai tujuan yang telah ditentukan. Untuk hal ini diperlukan uji coba produk pada proses pembelajaran untuk mengetahui keefektifan produk. Untuk melihat keefektifan produk dilakukan analisis hasil belajar pada 32 orang siswa yang diajarkan dengan menggunakan bahan ajar yang dikembangkan dan dibandingkan dengan hasil belajar yang siswa yang diajarkan dengan buku teks. Berdasarkan analisis, nilai rata-rata pada kompetensi dasar menggunakan bahan ajar teks eksplanasi kompleks lebih tinggi dengan jumlah 2565 dengan rata-rata 80,15% dibandingkan nilai rata-rata siswa sebelum menggunakan bahan ajar berupa modul yang berjumlah 1950 dengan rata-rata 60,93%. Sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan bahan ajar teks eksplanasi kompleks berupa modul terhadap menggunakan buku teks dan disimpulkan bahwa bahan ajar hasil pengembangan efektif dan layak dipakai sebagai sumber belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 415.071 2 Sit p
Keywords: Modul pembelajaran; Teks eksplanasi kompleks
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LT Textbooks
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 31 Jan 2017 03:22
Last Modified: 09 Feb 2017 07:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22850

Actions (login required)

View Item
View Item