PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MENGGAMBAR DENGAN PERANGKAT LUNAK (MPL) DI SMK NEGERI 1 BALIGE TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Naibaho, Tilhang (2014) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MENGGAMBAR DENGAN PERANGKAT LUNAK (MPL) DI SMK NEGERI 1 BALIGE TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8116121035 Judul.pdf]
Preview
Text
8116121035 Judul.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[thumbnail of 8116121035 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
8116121035 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (356kB) | Preview
[thumbnail of 8116121035 Abstrak.pdf]
Preview
Text
8116121035 Abstrak.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[thumbnail of 8116121035 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
8116121035 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (302kB) | Preview
[thumbnail of 8116121035 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
8116121035 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of 8116121035 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
8116121035 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of 8116121035 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
8116121035 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 8116121035 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8116121035 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 8116121035 Bab I.pdf]
Preview
Text
8116121035 Bab I.pdf - Published Version

Download (792kB) | Preview
[thumbnail of 8116121035 Bab V.pdf]
Preview
Text
8116121035 Bab V.pdf - Published Version

Download (836kB) | Preview
[thumbnail of 8116121035 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
8116121035 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (421kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui hasil belajar Menggambar dengan Perangkat Lunak (MPL) siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Mind Map dan hasil belajar Menggambar dengan Perangkat Lunak (MPL) yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori, (2) untuk mengetahui hasil belajar Menggambar dengan Perangkat Lunak (MPL) antara siswa dengan gaya belajar kinestetik dan hasil belajar Menggambar dengan Perangkat Lunak (MPL) siswa dengan gaya belajar Visual, dan (3) untuk mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar Menggambar dengan Perangkat Lunak (MPL). Populasi penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 1 Balige, dengan jumlah 50 siswa. Kelas yang dipilih adalah kelas XI. Sampel penelitian ditetapkan kelas XI.GBR.1 menggunakan strategi pembelajaran Ekspositori dan kelas XI GBR. 2 menggunakan strategi pembelajaran Mind Map. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Instrumen penelitian untuk mengukur hasil belajar digunakan tes berbentuk pilihan berganda dengan 5 pilihan jawaban dengan jumlah soal sebanyak 40 dengan koefisial reliabilitas 0.7482 . Sedangkan untuk mendapatkan data tentang gaya belajar siswa digunakan angket dengan jumlah 24 butir. Uji normalitas dengan uji Liliefors sedangkan uji homogenitas dengan uji Fisher dan uji Bartlett. Teknik analisis data adalah Anava dua jalur pada tarag signifikansi a = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe. Hasil penelitiannya membuktikan : (1) rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Mind Map = 27,95 lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori =25,92 dengan F hitung = 9,07> F tabel = 3,98, (2) rata-rata hasil belajar siswa dengan gaya belajar kinestetik =28,08 lebih tinggi daripada hasil belajar siswa dengan gaya belajar visual = 20,72 dengan Fhitung = 8,49, dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar Menggambar dengan Perangkat Lunak (MPL) dengan Fhitung=9,03>Ftabel=3,98. Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa strategi pembelajaran yang digunakan pada siswa dengan gaya belajar kinestetik adalah strategi pembelajaran Mind Map sedangkan siswa dengan gaya belajar visual strategi pembelajaran yang tepat digunakan adalah strategi pembelajaran Ekspositori. Implikasi dari penelitian ini secara khusus ditujukan kepada guru bidang studi produktip Menggambar dengan perangkat lunak (MPL) yaitu dalam penerapan strategi pembelajaran harus memperhatikan karakteristik siswa khususnya, sehingga dapat menentukan strategi pembelajaran dengan gaya belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.520 719 Nai p
Keywords: Hakikat belajar; Menggambar perangkat lunak; Strategi pembelajaran; Gaya belajar; Pembelajaran ekspositori
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
N Fine Arts > NC Drawing. Design. Illustration
N Fine Arts > NC Drawing. Design. Illustration > NC390 Study and teaching
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 30 Jan 2017 08:15
Last Modified: 30 Jan 2017 08:15
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22845

Actions (login required)

View Item
View Item