Marbun, Yanty Maria R. (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) DI SMP NEGERI 1 SIANTAR. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8116172022 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
2. NIM. 8116172022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
3. NIM. 8116172022 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
4. NIM. 8116172022 PREFACE.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
5. NIM. 8116172022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
6. NIM. 8116172022 TABLES.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
7. NIM. 8116172022 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
8. NIM. 8116172022 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
9. NIM. 8116172022 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (969kB) | Preview
13. NIM. 8116172022 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
14. NIM. 8116172022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah : (1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, (2) peningkatan disposisi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, (4) terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan disposisi matematis siswa,. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Siantar dengan sampel 60 siswa. Penelitian ini merupakan suatu studi eksperimen semu dengan pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang mengambil dua kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol) melalui teknik random sampling. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan pemecahan masalah yang berbentuk uraian dan angket disposisi matematis. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi dan koefisien reliabilitas. Data dianalisis dengan uji ANAVA dua jalur. Sebelum digunakan uji ANAVA dua jalur terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh hasil penelitian yaitu : (1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional, (2) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar model pembelajaran berbasis masalah dapat dijadikan alternatif bagi guru untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Mar p |
Keywords: | Pembelajaran berbasis masalah; Kemampuan pemecahan masalah matematis; Disposisi matematis |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 30 Jan 2017 04:25 |
Last Modified: | 30 Jan 2017 04:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22838 |