Novita, Leny (2014) PENGEMBANGAN BUKU AJAR KIMIA INOVATIF SMA/MA KELAS XI SEMESTER 2 MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) BERDASARKAN KURIKULUM 2013. Masters thesis, UNIMED.
8126142012 Judul.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
8126142012 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (484kB) | Preview
8126142012 Abstrak.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
8126142012 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8126142012 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
8126142012 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
8126142012 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
8126142012 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
8126142012 Bab I.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
8126142012 Bab V.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
8126142012 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
Abstract
Perkembangan paradigma mengenai potensi yang dimiliki oleh sumber daya manusia mengakibatkan tuntutan di segala bidang, tidak hanya kualitas SDM, namun karakter SDM
itu sendiri. Inovasi pembelajaran yang dimasukkan ke dalam buku ajar diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan dan menumbuhkembangkan karakter generasi bangsa. Penelitian ini bertujuan mengembangkan buku ajar kimia inovatif SMA/MA kelas XI semester 2 berdasarkan standar isi kurikulum 2013 yang digunakan untuk menciptakan pembelajaran yang kreatif, efektif, dan menyenangkan, serta membantu peserta didik memperoleh hasil belajar yang optimal. Populasi penelitian adalah seluruh SMA Negeri di Sumatera Utara. Sampel dalam penelitian ini diambil secara sampling purposif, yaitu SMA Hang Tuah Belawan, SMAN 9 Medan dan SMAN 19 Medan masing-masing sebanyak 2 kelas. Kelas Eksperimen dan Kelas Kontrol. Teknik analisis data menggunakan independent sample t-test dengan SPSS 20 for windows pada taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan (1) Buku ajar kimia inovatif yang dikembangkan untuk SMA/MA kelas XI semester 2 telah layak dan sesuai dengan kurikulum 2013, (2) Berdasarkan hasil analisis data
masing-masing sekolah menunjukkan bahwa pengaruh penggunaan buku ajar kimia SMA/MA kelas XI semester 2 berdasarkan kurikulum 2013 memberikan hasil belajar kimia
yang lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar tanpa menggunakan buku ajar kimia inovatif, (3) Keefektifan buku ajar kimia dalam meningkatkan daya ingat siswa menunjukkan pada kelompok eksperimen (95%) lebih tinggi dibanding kelompok kontrol (93%). Penggunaan buku ajar yang dikembangkan berdasarkan kurikulum 2013
untuk siswa SMA/MA kelas XI semester 2 efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 2 Nov p |
Keywords: | Buku ajar kimia; Kurikulum 2013; Model pjbl; SMA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LT Textbooks Q Science > Q Science (General) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 Jan 2017 04:47 |
Last Modified: | 27 Jan 2017 04:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22822 |