Rinaldy, Robi (2016) HUBUNGAN KEMAMPUAN DASAR KOMPUTER DENGAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK DENGAN MENGGUNAKAM AUTOCAD PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM. 5123311031 COVER.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
02. NIM. 5123311031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
03. NIM. 5123311031 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
04. NIM. 5123311031 PREFACE.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
05. NIM. 5123311031 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
06. NIM. 5123311031 TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
07. NIM. 5123311031 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
08. NIM. 5123311031 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
09. NIM. 5123311031 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (561kB) | Preview
013. NIM. 5123311031 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
014. NIM. 5123311031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Menggambar Teknik dengan Menggunakan AutoCAD dengan standar kompetensi perintah dasar gambar 2 dimensi dengan perangkat lunak. Subjek penelitian ini siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam yang berjumlah 32 siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian Deskripsi Korelasional. Prosedur penelitian dilaksanakan dengan mengetahui terlebih dahulu seberapa besar kemampuan siswa dalam pengetahuan Dasar Komputer yang di jaring melalui tes pilihan berganda yang sebelumnya telah melalui uji validitas, reabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda tes. Setelah itu untuk mengukur hasil belajar Menggambar Teknik dengan menggunakan AutoCAD diukur dengan menggunakan Tes Psikomotorik yaitu berupa lembar observasi pekerjaan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, sedangkan teknik analisis data, hasil belajar siswa diperoleh dengan observasi. Adapun hasil dari penelitian ini diperoleh bahwasanya terdapat hubungan yang nyata dan signifikan antara Kemampuan Dasar Komputer dengan Hasil Belajar Menggambar Teknik dengan Menggunakan AutoCAD pada siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2016/2017. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan korelasi antar variabel dengan korelasi sederhana (rx1y) = 0,782 > rtabel dengan N = 32 dan taraf signifikansi 5% adalah 0,349 dan uji keberartian diperoleh thitung > ttabel (6,760 > 1,697). Berdasarkan hasil penelitian yaitu dengan diterimanya hipotesis, maka perlu kiranya menjadi pertimbangan guru dalam upaya meningkatkan Kemampuan Dasar Komputer. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan Kemampuan Dasar Komputer adalah dengan mengetahui komputer serta fungsi dari masing-masing bagian komputer baik bagian hardware maupun software nya, cara menghidupkan dan mematikan komputer sampai dengan pengoperasian program Ms. Office yang nantinya akan menunjang proses belajar menggambar teknik dengan menggunakan AutoCAD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BAN 077 |
Keywords: | Kemampuan dasar komputer; Hasil belajar menggambar teknik dengan menggunakan AutoCAD |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > T Technology (General) T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 25 Jan 2017 08:19 |
Last Modified: | 25 Jan 2017 08:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22797 |