Manik, Eben Aslan (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR ANTARA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODUL DAN TANPA MODUL PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK PERMESINAN SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM.5123321010 COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
02. NIM.5123321010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (456kB) | Preview
03. NIM.5123321010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
04. NIM.5123321010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
05. NIM.5123321010 TABLE OF CONTEN.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
06. NIM.5123321010 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
07. NIM.5123321010 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
08. NIM.5123321010 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
09. NIM.5123321010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
013. NIM.5123321010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
014. NIM.5123321010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar menggambar teknik siswa kelas X SMK N 1 Lubuk Pakam.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang mengguakan modul dengan siswa yang tanpa modul pada materi pokok pengenalan alat gambar dan penggunaanya Kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Permesinan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam Kabupaten Deli Serdang Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negri 1 Lubuk Pakam yang berjumlah 70 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X1 saebagai kelas eksperimen yang berjumlah 35 orang, kelas X2 sebagai kelas control yang erjumlah 35 orang. Teknik anailisis data yang digunakan yaitu dengan menentukan nilai rata-rata, varians, menghitung uji normalitas menggunakan uji liliefors, uji homogenitas, menghitung uji hipotesis dengan uji t dengan kriteria terima hipotesis apabila menunjukan thitung >ttabel pada α = 0,05. Hasil penelitian dilihat dari nilai tes akhir ( Post Test) diperoleh skor rata-rata kelas eksperimen 84,4 dengan standar deiviasi 5,11 dan skor rata-rata kelas control adalah 65,17 dan standar deiviasi 7,18. Dari uji prasyarat analisis data hasil belajar berdistribusi normal dan juga homogen. Pengujian hipotesi yang digunakan adalah uji-t, diperoleh thitung= 12,97 dan ttabel= 1,9 (12,97>1,9) yang berarti hipotesis penelitian dapat diterima.Hasil ini menyimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunnakan modul dan siswa yang tanpa menggunakan modul pada mata pelajaran gambar teknik dengan standar kompetensi mengenal alat gambar dan cara menggunakan alat gambar, siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Permesiann SMK Negeri 1 Lubuk Pakam T.A 2016/2017. Hasil belajar yang diajar menggunakan modul lebih tinggi dari hasil belajar yang yang tanpa menggunakan modul.