Maesela, Cut (2016) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK DASAR SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 KISARAN TAHUN AJARAN 2016 / 2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5123111007 COVER.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
2. NIM. 5123111007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (748kB) | Preview
3. NIM. 5123111007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
4. NIM. 5123111007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
5. NIM. 5123111007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
6. NIM. 5123111007 TABLES.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
7. NIM. 5123111007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
8. NIM. 5123111007 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
9. NIM. 5123111007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (820kB) | Preview
13. NIM. 5123111007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (382kB) | Preview
14. NIM. 5123111007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya keaktifan dan partisipasi siswa dalam mengungkapkan pendapat atau ide pada proses pembelajaran serta kompetensi ketuntasan siswa belum mencapai 80% dari hasil belajar yang dicapai peserta didik dengan Kriteria Ketuntasan Minimal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada siswa kelas X pogram keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Kisaran Tahun Ajaran 2016 / 2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Kisaran Jalan Besar Sei Renggas No. 1 Kisaran. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan yang berjumlah 36 orang. Objek penelitian ini adalah pendekatan pembelajaran saintifik untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Menggambar Teknik Dasar kelas X program keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Kisaran. Prosedur penelitian tindakan kelas ini dilakukan dua siklus dan tiap siklusnya terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengamatan (observing), dan refleksi (reflection). Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, dokumentasi dan tes praktik. Berdasarkan penelitan yang dilakukan pada siklus I belum terjadi peningkatan pencapaian hasil belajar, maka dilakukan siklus II untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada penerapan pembelajaran saintifik yang belum dipahami guru. Dengan diadakan siklus II aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Dilihat dari data observasi siswa pada siklus I dengan nilai rata – rata 73,38% dan meningkat pada siklus II menjadi 87,53%. Data hasil belajar pada siklus I dengan rata – rata 76,80% dan meningkat pada siklus II dengan rata – rata 85,12%. Berdasarkan rekapitulasi hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran saintifik pada kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Peningkatan ini berdasarkan pencapaian nilai minimal pada indikator keberhasilan yaitu memperoleh nilai ≥ 75 dan mencapai 80% ketuntasan siswa dalam kelas tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BAN 075 |
Keywords: | Pendekatan pembelajaran saintifik; Aktivitas belajar; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) N Fine Arts > NC Drawing. Design. Illustration N Fine Arts > NC Drawing. Design. Illustration > NC390 Study and teaching T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 25 Jan 2017 06:49 |
Last Modified: | 25 Jan 2017 06:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22787 |