Yuliadi, Riza (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS DAN SOLIDARITAS SISWA DENGAN MODEL KOOPERATIF THINK PAIR SHARE (TPS) DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 SAMADUA KABUPATEN ACEH SELATAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136181023 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
2. NIM. 8136181023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
3. NIM. 8136181023 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
4. NIM. 8136181023 PREFACE.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
5. NIM. 8136181023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
6. NIM. 8136181023 TABLES.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
7. NIM. 8136181023 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
8. NIM. 8136181023 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
9. NIM. 8136181023 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
13. NIM. 8136181023 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
14. NIM. 8136181023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
Abstract
Hasil observasi awal yang dilakukan pada tanggal 17 dan 18 Deseber 2014 di Kelas VIII menunjukkan bahwa pembelajaran belum berpusat pada siswa. Hal tersebut diperkuat dengan hasil belajar siswa yang masih dibawah Standar Ketuntasan Minimal. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, perlu dilakukan penelitian tentang penerapan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS dan solidaritas sosial siswa, dan penggunaan model kooperatif Think pair share. Penelitian merupakan penelitian tindakan kelas dengan jumlah siswa 30 orang. Adapun instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data terdiri dari tes hasil belajar IPS dan angket solidaritas sosial siswa. Sedangkan analisis data untuk melihat adanya peningkatan hasil belajar IPS dan solidaritas sosial siswa dengan deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa model kooperatif Think pair share dapat meningkatkan hasil belajar IPS. Siklus I nilai rata-rata hasil belajar IPS siswa 70 meningkat menjadi 81 pada siklus II. Siklus I nilai rata-rata hasil belajar IPS memperoleh nilai ≥ 65 (kategori cukup) juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu 23 orang (76,67%) menjadi 28 orang (93,33%) dari 30 orang siswa. Solidaritas sosial siswa juga mengalami peningkatan dari sisklus I ke siklus II. Indikator “kepedulian/kesetiakawanan” meningkat dari 60% menjadi 87,67%; “tanggung jawab sosial” meningkat dari 63,33% menjadi 86,67%; “bekerjasama dengan teman” meningkat dari 66,67% menjadi 86,67%; “toleransi” meningkat dari 73,33% menjadi 86,67%; “menghargai teman” meningkat dari 76,67% menjadi 80%; “membudidayakan sikap sportif” meningkat dari 70% menjadi 80%; “mendengarkan teman” meningkat dari 63,33% menjadi 80%; “mengendalikan emosi” meningkat dari 76,67% menjadi 80%. Penggunaan model pembelajaran kooperatif Think pair share juga mengalami peningkatan untuk masing-masing indikatornya, yaitu dengan nilai > 70. Model pembelajaran kooperatif Think pair share dapat dijadikan salah satu alternatif bagi guru dalam menyajikan pelajaran pada mata pelajaran IPS.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.83 Yul p |
Keywords: | Hasil belajar IPS; Model pembelajaran; Solidaritas siswa; Aktivitas belajar |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 23 Jan 2017 08:51 |
Last Modified: | 23 Jan 2017 08:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22777 |