PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS DAN SOLIDARITAS SISWA DENGAN MODEL KOOPERATIF THINK PAIR SHARE (TPS) DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 SAMADUA KABUPATEN ACEH SELATAN

Yuliadi, Riza (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS DAN SOLIDARITAS SISWA DENGAN MODEL KOOPERATIF THINK PAIR SHARE (TPS) DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 SAMADUA KABUPATEN ACEH SELATAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8136181023 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8136181023 COVER.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8136181023 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8136181023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8136181023 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8136181023 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8136181023 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8136181023 PREFACE.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8136181023 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8136181023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8136181023 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8136181023 TABLES.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8136181023 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8136181023 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8136181023 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8136181023 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8136181023 CHAPTER 1.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8136181023 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (300kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8136181023 CHAPTER 5.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8136181023 CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8136181023 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8136181023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview

Abstract

Hasil observasi awal yang dilakukan pada tanggal 17 dan 18 Deseber 2014 di Kelas VIII menunjukkan bahwa pembelajaran belum berpusat pada siswa. Hal tersebut diperkuat dengan hasil belajar siswa yang masih dibawah Standar Ketuntasan Minimal. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, perlu dilakukan penelitian tentang penerapan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS dan solidaritas sosial siswa, dan penggunaan model kooperatif Think pair share. Penelitian merupakan penelitian tindakan kelas dengan jumlah siswa 30 orang. Adapun instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data terdiri dari tes hasil belajar IPS dan angket solidaritas sosial siswa. Sedangkan analisis data untuk melihat adanya peningkatan hasil belajar IPS dan solidaritas sosial siswa dengan deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa model kooperatif Think pair share dapat meningkatkan hasil belajar IPS. Siklus I nilai rata-rata hasil belajar IPS siswa 70 meningkat menjadi 81 pada siklus II. Siklus I nilai rata-rata hasil belajar IPS memperoleh nilai ≥ 65 (kategori cukup) juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu 23 orang (76,67%) menjadi 28 orang (93,33%) dari 30 orang siswa. Solidaritas sosial siswa juga mengalami peningkatan dari sisklus I ke siklus II. Indikator “kepedulian/kesetiakawanan” meningkat dari 60% menjadi 87,67%; “tanggung jawab sosial” meningkat dari 63,33% menjadi 86,67%; “bekerjasama dengan teman” meningkat dari 66,67% menjadi 86,67%; “toleransi” meningkat dari 73,33% menjadi 86,67%; “menghargai teman” meningkat dari 76,67% menjadi 80%; “membudidayakan sikap sportif” meningkat dari 70% menjadi 80%; “mendengarkan teman” meningkat dari 63,33% menjadi 80%; “mengendalikan emosi” meningkat dari 76,67% menjadi 80%. Penggunaan model pembelajaran kooperatif Think pair share juga mengalami peningkatan untuk masing-masing indikatornya, yaitu dengan nilai > 70. Model pembelajaran kooperatif Think pair share dapat dijadikan salah satu alternatif bagi guru dalam menyajikan pelajaran pada mata pelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.83 Yul p
Keywords: Hasil belajar IPS; Model pembelajaran; Solidaritas siswa; Aktivitas belajar
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 23 Jan 2017 08:51
Last Modified: 23 Jan 2017 08:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22777

Actions (login required)

View Item
View Item