Gulo, Yantonius (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA SISTEM ORGAN PERNAPASAN MANUSIA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN INTERAKTIF PADA SISWA KELAS V SDN NO. 071089 SISARAHILI KECAMATAN MANDREHE KABUPATEN NIAS BARAT TP. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 114523114164 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
3. NIM. 114523114164 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
4. NIM. 114523114164 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
5. NIM. 114523114164 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
6. NIM. 114523114164 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
7. NIM. 114523114164 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
8. NIM. 114523114164 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
9. NIM. 114523114164 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
10. NIM. 114523114164 BAB I.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
14. NIM. 114523114164 BAB V.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
15. NIM. 114523114164 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA, kurang efektif penggunaan media dan metode yang digunakan, kurangnya pengetahuan siswa dalam pembelajaran IPA guru lebih dominan menggunakan metode ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran IPA dengan menggunakan penerapan pendekatan pendekatan interaktif pada materi sistem organ pernapasan manusia di kelas V SDN No. 071089 Sisarahili Kecamatan Mandrehe Kabupaten Nias Barat TP. 2015/2016. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN No. 071089 Sisarahili Kecamatan Mandrehe Kabupaten Nias Barat TP. 2015/2016 dengan jumlah siswa 30 orang, 10 siswa perempuan 20 siswa laki-laki. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini selama 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian pada saat perles, rata-rata kelas yang diperoleh siswa sebanyak 49,15 dari 30 orang siswa, dimana 3 siswa (9%) memperoleh ketuntasan dan 30 siswa (91%) yang belum tuntas. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I diperoleh tingkat ketuntasan siswa sebesar 48,57% atau 17 orang tuntas, 51,43% atau 18 orang yang belum tuntas yang berarti secara klasikal belum mencapai tingkat ketuntasan, dari hasil pembelajaran pada siklus II sebagai bentuk perbaikan pada siklus I diperoleh tingkat ketuntasan sebesar 88,58% atau 31 siswa tuntas, 11,42% atau 4 siswa yang belum tuntas, yang berarti telah mencapai tingkat ketuntasan hasil belajar siswa.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan interaktif dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan keberhasilan siswa kelas V pada materi sistem organ pernapasan manusia di SDN No. 071089 Sisarahili Kecamatan Mandrehe Kabupaten Nias Barat TP. 2015/2016, Guru hendaknya menggunakan penerapan pendekatan interaktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 357 |
Keywords: | Pendekatan pembelajaran; Sistem organ; Pernafasan manusia |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) Q Science > QM Human anatomy |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 20 Jan 2017 08:51 |
Last Modified: | 20 Jan 2017 08:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22766 |