Gulo, Nasehati (2016) PENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MATERI PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN DI TINGKAT PUSAT DAN DAERAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI PADA SISWA KELAS V SDN.NO 071079 MANDREHE KECAMATAN MANDREHE KABUPATEN NIAS BARAT TP. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 114523114009 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
8. NIM 114523114009 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
9. NIM 114523114009 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
14. NIM 114523114009 BAB V.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
15. NIM 114523114009 DAFTAR PUSTAK A.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
3. NIM 114523114009 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
2. NIM 114523114009 LEMBAR PENGESHAN.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
4. NIM 114523114009 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
5. NIM 114523114009 D A F T A R I S I.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
6. NIM 114523114009 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
7. NIM 114523114009 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
10. NIM 114523114009 BAB I.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn pada pokok bahasan peraturan perundang-undangan di tingkat pusat dan daerah pada kelas V SD Negeri 071079 Mandrehe tahun pembelajaran 2015/2016 dengan menggunakan metode diskusi. Penelitian ini dilakukan di Kelas V SD Negeri No. 071079Mandrehe pada semester genap tahun pembelajaran 2015-2016. Subjek penelitian berjumlah 22 siswa, dengan perincian 11 laki-laki dan 11 siswa perempuan. Jenis penelitian adalah jenis penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar dan observasi. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa, sedangkan observasi untuk melihat keaktifan siswa. Berdasarkan data hasil penelitian mulai dari prasiklus sampai siklus II ditemukan bahwa sannya hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah dilaksanakan pembelajaran setiap siklus, dibandingkan pada saat hasil belajar sebelumnya.Pada awal penelitian diperoleh rata-rata pre test yaitu sebesar 57,72 dengan nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 40 dan nilai rata-rata kelas 57 dan belum dapat dikatakan tuntas.Pada akhir siklus I dilakukan test untuk melihat hasil belajar yang diperoleh siswa. Dari 22 siswa yang menjadi subjek penelitian ini, tenyata 12 orang siswa (54,54%) yang memiliki ketuntansan belajar, sedangkan 10 orang siswa (45,45%) masih belum memilki ketuntasan belajar, dan nilai rata-rata yang diperoleh pada siklus I mencapai 65,90 dan belum dapat dikatakan tuntas sehingga perlu dilanjutkan pada penelitian siklus II.Hasil test siklus II, dari 22 orang siswatelahada 22 orang siswa (100%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata kelas yang diperoleh telah mencapai 87,27 (tuntas). Dan padasiklus II peningkatansebesar 21,28daritindakansiklus I kesiklus II. Atau dengan kata lain ada peningkatan yang signifikan hasil belajar siswa pada pokok bahasan peraturan perundang-undangan pusat dan daerah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 397 |
Keywords: | Hasil belajar PKn; Metode diskusi; PTK |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 20 Jan 2017 08:44 |
Last Modified: | 20 Jan 2017 08:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22765 |