Gulo, Yostinus (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG KONDUKTOR DAN ISOLATOR PANAS DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS VI SDN NO. 078494 TUHENDRAOWI TP. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 114523114173 COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
3. NIM. 114523114173 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
4. NIM. 114523114173 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
5. NIM. 114523114173 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
6. NIM. 114523114173 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
7. NIM. 114523114173 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
8. NIM. 114523114173 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
9. NIM. 114523114173 BAB I.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
13. NIM. 114523114173 BAB V.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
14. NIM. 114523114173 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
Abstract
Dalam proses pembelajaran yang menyangkut materi, metode, media, alat peraga dan sebagainya harus juga mengalami perubahan kearah pembaharuan (inovasi). Dengan adanya inovasi tersebut seorang guru dituntut untuk lebih kreatif, terutama dalam menentukan media dan alat peraga yang tepat akan sangat menentukan hasil belajar siswa.
Penelitian ini berdasarkan permasalahan bagaimanakah penerapan Metode Demonstrasi meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran mata pelajaran IPA pada kelas VI SDN No. 078494 Tuhendraowi Kecamatan Ulu Moro’o Tahun Pelajaran 2015/2016. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan Metode yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA kelas VI SDN No. 078494 Tuhendraowi. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) kelas sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Sasaran atau objek penelitian adalah siswa kelas VI SDN No. 078494 Tuhendraowi Kecamatan Ulu Moro’o Kabupaten Nias Barat Tahun Pelajaran 2015/2016. Data yang diperoleh berupa hasil evaluasi, lembar tugas. Dari hasil perbaikan didapatkan bahwa prestasi belajar siswa meningkat. Hal ini berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Terbukti adanya peningkatan hasil belajar siswa setiap akhir pembelajaran, mulai dari pra tindakan sampai dengan tidakan II (pada siklus II) yaitu 59,09% (pra tindakan), 68,18% (tindakan I/siklus I), 90,90% (tindakan II/siklusII). Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode demonstrasi dapat memberikan pengaruh positif terhadap kegiatan belajar siswa dan aktifitas dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 375 |
Keywords: | Pengalaman belajar; Strategi pembelajaran; Metode demonstrasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 20 Jan 2017 08:36 |
Last Modified: | 20 Jan 2017 08:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22764 |