Harahap, Ahmad Idris (2015) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN TPS PADA STANDAR KOMPETENSI MENGGUNAKAN ALAT-ALAT UKUR KELAS X SMK SINAR HARAPAN PANTAI LABU T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (508kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (383kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan tipe TPS di SMK Sinar Harapan Pantai Labu. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKR 1 yang berjumlah 32 siswa dan di kelas X TKR 2 berjumlah 28 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal pilihan berganda (multiple choise) sebanyak 31 soal. Instrumen ini digunakan sebagai pre-tes untuk mengetahui homogenitas data kelas eksprimen, hasil tes menunjukkan bahwa kedua kelas tidak ada perbedaan (homogeny). Pengajaran dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif yaitu tipe Student Team Achievement Division (STAD) sebagai kelas eksperimen 1 pada kelas X TKR 1 dan tipe Think Pair Share (TPS) sebagai kelas eksperimen 2 pada kelas X TKR 2. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan tes hasil belajar siswa (post-tes), hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran tipe STAD memberikan rata-rata nilai hasil belajar siswa sebesar 59,84 dengan standar deviasi 5,94 dan model pembelajaran tipe TPS memberikan rata-rata nilai hasil belajar siswa yaitu 59,42 dengan standar deviasi 15,32. Uji hipotesis dilakukan pada taraf signifikan α = 0,005 menggunakan uji t-test dua pihak dimana thitung < ttabel (0,1438 > 2,0189) yang berarti Ho diterima dan Ha ditolak. Nilai hasil belajar dari kedua model pembelajaran tersebut memberikan hasil yang hampir sama atau secara uji hipotesis tidak memiliki perbedaan dari kedua model pembelajaran kooperatif tersebut, dikarenakan kedua model pembelajaran kooperatif tersebut hampir memiliki kesamaan dalam tahap-tahap pembelajarannya. Perbedaanya hanya dalam tahap akhir saja. Dengan demikian hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan tipe TPS pada standar kompetensi menggunakan alat-alat ukur mekanik kelas X SMK Sinar Harapan Pantai Labu T.A 2014/2015
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 MSN 009 |
Keywords: | Perbedaan hasil belajar model pembelajaran STAD dan TPS |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education T Technology > T Technology (General) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 20 Jan 2017 03:49 |
Last Modified: | 20 Jan 2017 03:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22760 |