Wibowo, Abdi Wira (2015) PENGGUNAAN MEDIA AJAR ANIMASI MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA DIKLAT PERBAIKAN SISTEM REM DI SMK SWASTA PEMDA RANTAU PRAPAT. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. ABDI WIRA WIBOWO NIM. 5103122001 COVER SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
02. ABDI WIRA WIBOWO NIM. 5103122001 Surat Pernyataan Tidak Plagiat dan Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
03. ABDI WIRA WIBOWO NIM. 5103122001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
04.ABDI WIRA WIBOWO NIM. 5103122001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
05. ABDI WIRA WIBOWO NIM. 5103122001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
06. ABDI WIRA WIBOWO NIM. 5103122001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
07. ABDI WIRA WIBOWO NIM. 5103122001 DAFTAR GAMBAR (2).pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
08. ABDI WIRA WIBOWO NIM. 5103122001 DAFTAR LAMPIRAN (2).pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
09. ABDI WIRA WIBOWO NIM. 5103122001 BAB I.pdf - Published Version
Download (471kB) | Preview
13. ABDI WIRA WIBOWO NIM. 5103122001 BAB V.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
14. ABDI WIRA WIBOWO NIM. 5103122001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata diklat perbaikan sistem rem dan mengetahui sejauh mana peningkatan kemampuan siswa dengan menggunakan media ajar macromedia flash pada materi kontruksi dan cara kerja sistem rem. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Swasta PEMDA Rantau Prapat sebanyak 38 orang. Objek penelitian ini adalah penggunaan media ajar macromedia flash pada materi kontruksi dan cara kerja sistem rem 2014/2015. Berdasarkan hasil analisis data hasil belajar siklus I diperoleh 23 siswa (60,5%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 15 siswa (39,5%) lainnya belum tuntas. Nilai rata-rata kelas 74 dengan tingkat ketuntasan secara klasikal sebesar 60,5%. Pada siklus II yang merupakan perbaikan pembelajaran yang telah diberikan pada siklus I, dari hasil tes belajar siklus II diperoleh 34 siswa (89,5%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 4 siswa (10,5%) lainnya belum tuntas. Nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 87.2 dengan tingkat ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 89,5%. Jika dibandingkan data dari siklus I dan siklus II maka diperoleh nilai rata-rata pada 15 siswa di siklus I bertambah sebanyak 11 siswa disiklus II menjadi 34 siswa, sedangkan siswa yang tidak tuntas dalam belajar berkurang dari 15 siswa yang tidak tuntas di siklus I menjadi 4 siswa di siklus II. Karena telah memenuhi kriteria ketuntasan belajar siswa dan mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II maka dapat disimpulakan bahwa proses pembelajaran menggunakan media ajar animasi macromedia flash dapat meningkatkan hasil belajar pada materi kontruksi dan cara kerja sistem rem.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 MSN 024 |
Keywords: | Hasil beajar; Perbaikan sistem rem; Media ajar; Animasi macromedia flash; Penelitian tindakan kelas |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL1 Motor vehicles. Cycles |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 20 Jan 2017 02:58 |
Last Modified: | 20 Jan 2017 02:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22747 |