Fitradi, (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR-DASAR GAMBAR TEKNIK PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI KAYU SMK NEGERI 1 BENER MERIAH TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NAMA _ FITRADI NIM _ 508111024 COVER SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2. NAMA _ FITRADI NIM _ 508111024 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (806kB) | Preview
3. NAMA _ FITRADI NIM _ 508111024 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
4. NAMA _ FITRADI NIM _ 508111024 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
5. NAMA _ FITRADI NIM _ 508111024 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
6. NAMA _ FITRADI NIM _ 508111024 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
7. NAMA _ FITRADI NIM _ 508111024 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
8. NAMA _ FITRADI NIM _ 508111024 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
9. NAMA _ FITRADI NIM _ 508111024 BAB I.pdf - Published Version
Download (787kB) | Preview
13. NAMA _ FITRADI NIM _ 508111024 BAB V.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
14. NAMA _ FITRADI NIM _ 508111024 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Dasar-dasar Gambar Teknik Siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian media pembelajaran jenis alat peraga (fragmen) dan media gambar (grafis) terhadap hasil belajar siswa yang belajar dengan menggunakan media pembelajaran jenis alat peraga (fragmen) dan pembelajaran dengan media gambar (grafis) dalam proses pembelajaran, serta untuk meningkatkan hasil belajar dasar-dasar gambar teknik.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Bener Meriah. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Teknik Konstruksi Kayu dengan jumlah siswa 68 orang yang terdiri dari kelas eksperimen untuk perlakuan dengan Media Pembelajaran Alat Peraga yaitu kelas Konstruksi Kayu A (KKA) sebanyak 34 orang dan kelas kontrol untuk perlakuan dengan Pembelajaran Media Gambar yaitu Konstruksi Kayu B (KKB) sebanyak 34 orang. Teknik pengambilan sampel digunakan cluster random sampling dengan metode dan rancangan penelitian eksperimen desain anava 1x1. Variabel penelitian memenuhi persyaratan normalitas dikaji dengan uji Liliefors dan memenuhi persyaratan homogenitas dengan uji Bartlett.
Dari hasil penelitian diperoleh hasil belajar siswa yang diajar dengan Media Pembelajaran Alat Peraga lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan Media Pembelajaran Gambar dengan perolehan Fhitung 88,530 > Ftabel 3,991 pada taraf signifikan α = 0,05.
Dapat disimpulkan bahwa Media Pembelajaran jenis Alat Peraga cocok digunakan pada siswa, Sedangkan Pembelajaran dengan Menggunakan Media Gambar kurang cocok digunakan pada siswa dalam proses pembelejaran. Dengan demikian Pembelajaran dengan menggunakan Media Jenis Alat Peraga dapat digunakan sebagai alternatif dalam meningkatkan hasil belajar Dasar-dasar Gambar Teknik siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 BAN 031 |
Keywords: | Media Pembelajaran, Gambar Teknik, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction > TH900 Construction equipment in building |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 19 Jan 2017 07:52 |
Last Modified: | 19 Jan 2017 07:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22739 |