Indriyani, Vony (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GAMBAR KONSTRUKSI BANGUNAN KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK N 1 STABAT. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5103111039 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
2. NIM. 5103111039 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (655kB) | Preview
3. NIM. 5103111039 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
4. NIM. 5103111039 PREFACE.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
5. NIM. 5103111039 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
6. NIM 5103111039 TABLES.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
7. NIM 5103111039 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
8. NIM. 5013111039 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
9. NIM. 5103111039 CAHPTER I.pdf - Published Version
Download (431kB) | Preview
13. NIM 5103111039 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
14. NIM 5103111039 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh
penggunaan media pembelajaran audio visual di banding menggunakan media
visual terhadap hasil belajar Gambar Konstruksi Bangunan pada kelas XI Program
keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 1 Satabat.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu,
dimana subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI TGB, dimana sampel
penelitian diambil dengan teknik Random Sampling. Siswa pada kelas XI TGB
1 (kelas Eksperimen) dan XI TGB 2 (kelas Kontrol). Teknik pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes, yang meliputi tes objektif
dan tes psikomotorik. Tes objektif dilakukan uji coba instrumen yang meliputi uji
validitas, uji reabilitas, uji daya pembeda dan kesukaran tes. Sedangkan untuk tes
psikomotorik tidak dilakukan uji coba. Analisis data meliputi uji normalitas, uji
homogenitas dan uji perbedaan rata-rata (uji t).
Hasil penelitian meliputi uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,098 dan
Ftabel = 1,901 dapat disimpulkan bahwa kedua kelompok mempunyai varians yang
sama. Sedangkan berdasarkan hasil uji perbedaan rata-rata (uji t), dengan nilai
rata-rata pre test kelas eksperimen 64,06 dan pada kelas kontrol 63,34.
Sedangkan nilai rata-rata post test pada kelas eksperimen 86,79 dan pada kelas
kontrol 84,98. Sehingga didapatkan nilai thitung sebesar 2,15. Nilai tersebut lebih
besar dari nilai ttabel yang sebesar 1,67. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa pembelajaran menggunakan media audio visual dapat meningkatkan
hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 BAN 009 |
Keywords: | Media Pembelajaran Audio Visual, Hasil Belajar, Gambar, Konstruksi Bangunan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction > TH845 Architectural engineering. Structural engineering of buildings |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 19 Jan 2017 07:29 |
Last Modified: | 19 Jan 2017 07:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22737 |