Napitupulu, Togi Supriadi (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR ILMU BAHAN BANGUNAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN DI SMK NEGERI 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. TOGI SUPRIADI NAPITUPULU. NIM 5103311037. COVER.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
2. TOGI SUPRIADI NAPITUPULU. NIM 5103311037. SURAT PERNYATAA.pdf - Published Version
Download (933kB) | Preview
3. TOGI SUPRIADI NAPITUPULU. NIM 5103311037. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
4. TOGI SUPRIADI NAPITUPULU. NIM 5103311037. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
5. TOGI SUPRIADI NAPITUPULU. NIM 5103311037. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
6. TOGI SUPRIADI NAPITUPULU. NIM 5103311037. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
7. TOGI SUPRIADI NAPITUPULU. NIM 5103311037. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
8. TOGI SUPRIADI NAPITUPULU. NIM 5103311037. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
9. TOGI SUPRIADI NAPITUPULU. NIM 5103311037. BAB I.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
13. TOGI SUPRIADI NAPITUPULU. NIM 5103311037. BAB V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
14. TOGI SUPRIADI NAPITUPULU. NIM 5103311037. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keaktifan dan hasil belajar siswa pada
mata pelajaran memahami ilmu bahan bangunan melalui penerapan model pembelajaran
Time Token pada siswa kelas X SMK Negeri 2 Medan semester ganjil Tahun Ajaran
2014/2015 yang berjumlah 30 orang .Rancangan penelitian yang digunakan adalah
penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur tindakan dikemas kedalam dua siklus
pembelajaran. Dimana siklus pertama mempelajari pengenalan tentang batu bata, Macam
dan fungsi peralatan tangan kerja batu. Dan siklus kedua mempelajari tentang Pengetahuan
bahan adukan dan campuran pasangan batu bata.
Hasil ujicoba instrument yang dilakukan pada siklus pertama dari 30 soal diperoleh
25 soal yang valid dan dari data yang valid uji tingkat kesukaran didapat 6 soal yang
mudah, 19 soal yang sedang dan 0 soal yang sulit. Uji daya beda didapat 3 soal sangat baik,
11 soal yang baik, 10 soal cukup dan 1 sukar. Uji reabilitas diperoleh 0,9169 (sangat
tinggi).
Pada siklus kedua dari 30 soal diperoleh 25 soal valid dan dari data yang valid uji
tingkat kesukaran didapat 4 soal mudah, 21 soal sedang, uji daya beda didapat 4 sangat
baik, 10 soal baik, 11 soal cukup dan 0 soal yang jelek. Uji reabilitas diperoleh
0.9181( sangat tinggi). Penelitian ini dikatakan berhasil diukur berdasarkan indicator ratarata
komulatif aktivitas dan hasil belajar siswa mendapat nilai 80 sekurang-kurangnya 80%
di dalam kelas dengan baik dalam pemebelajaran Memahami Ilmu Bahan Bangunan.
Hasil penelitian hasil belajar menunjukkan bahwa pada siklus I nilai hasil belajar
yang diperoleh 75% sedangkan pada siklus ke II nilai hasil belajar yang diperoleh
meningkat menjadi 83% . Pada aktivitas siswa menunjukkan bahwa pada siklus I diperoleh
nilai 75% sedangkan pada siklus ke II nilai aktivitas siswa meningkat menjadi 85%. Dapat
disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Time Token untuk meningkatkan
Aktivitas dan Hasil Belajar Ilmu Bangunan Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Medan
Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan Tahun Ajaran 2014/2015 membuktikan
peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa.
Maka, dari hasil penelitian di atas pengajuan hipotesis yang menyatakan bahwa :
1. Penerapan Model Pembelajaran Time Token dapat meningkatkan aktivitas
siswa pada mata pelajaran Memahami Ilmu Bangunan dapat diterima.
2. Penerapan Model Pembelajaran Time Token dapat meningkatkan hasil belajar
Memahami Ilmu Bangunan dapat diterima
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 BAN 008 |
Keywords: | Model Time Token, Keaktifan, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction > TH845 Architectural engineering. Structural engineering of buildings |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 19 Jan 2017 07:09 |
Last Modified: | 19 Jan 2017 07:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22735 |