Septian, Ariski (2015) PENGARUH PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA TIGA DIMENSI (3D) TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR DENGAN PERANGKAT LUNAK KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 2 MEULABOH. Undergraduate thesis, UNIMED.
ARISKI SEPTIAN, NIM 5103111003.1.Cover.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
ARISKI SEPTIAN, NIM 5103111003.2.Lembar Pernyataan,Pengesahan,Persetujuan,Persembahan.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
ARISKI SEPTIAN, NIM 5103111003.3.ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
ARISKI SEPTIAN, NIM 5103111003.4.KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
ARISKI SEPTIAN, NIM 5103111003.5.DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
ARISKI SEPTIAN, NIM 5103111003.6.DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
ARISKI SEPTIAN, NIM 5103111003.7.DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
ARISKI SEPTIAN, NIM 5103111003.8.DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
ARISKI SEPTIAN, NIM 5103111003.9.BAB I.pdf - Published Version
Download (720kB) | Preview
ARISKI SEPTIAN, NIM 5103111003.13.BAB V.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Tiga Dimensi (3D) berupa penggunaan benda model terhadap hasil belajar menggambar dengan perangkat lunak Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Meulaboh pada Tahun Ajaran 2014/2015 yang terdiri dari 2 kelas. Yang menjadi sampel penelitian ini adalah kedua kelas yaitu kelas XI TGB I berjumlah 25 siswa sebagai Kelas Eksperimen dan siswa kelas XI TGB II yang berjumlah 25 siswa sebagai Kelas Kontrol.
Alat pengumpul data yang telah disusun sebanyak 5 soal berupa essay test. Soal disusun berdasarkan materi ajar tentang bentuk-bentuk bangunan yang telah dijelaskan melalui Media Tiga Dimensi soal tes tersebut meliputi gambar denah, tampak, potongan dan detail salah satu bangunan.
Dari hasil uji-t hasil menggambar dengan perangkat lunak pada taraf signifikan 5% = 2,01063 diperoleh thitung > ttabel yakni 2106 > 201063, maka hipotesis diterima.
Siswa yang diajarkan dengan menggunakan Media Tiga Dimensi (3D) memiliki hasil belajar lebih tinggi dari siswa yang diajarkan dengan menggunakan Media Konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Media Tiga Dimensi (3D) mempunyai pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap hasil belajar meggambar dengan perangkat lunak SMK Negeri 2 Meulaboh Tahun Ajaran 2014/2015. Diharapkan penelitian ini dapat dijadikan referensi belajar untuk guru mata pelajaran yang bersangkutan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 BAN 013 |
Keywords: | Hasil Belajar,Media Belajar, Media Tiga Dimensi, Pengaruh Penggunaan Media, Menggambar Dengan Perangkat Lunak |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction > TH845 Architectural engineering. Structural engineering of buildings |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 19 Jan 2017 04:19 |
Last Modified: | 19 Jan 2017 04:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22728 |