Nazara, Nosta Perlin (2015) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR DENGAN PERANGKAT LUNAK PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM 5103111026 COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
NIM 5103111026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (873kB) | Preview
NIM 5103111026 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
NIM 5103111026 PREFACE.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
NIM 5103111026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
NIM 5103111026 TABLES.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
NIM 5103111026 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
NIM 5103111026 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
NIM 5103111026 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (560kB) | Preview
NIM 5103111026 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
NIM 5103111026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Menggambar Dengan Perangkat Lunak dengan membandingkan media pembelajaran proyeksi dan media pembelajaran cetak serta melihat karakteristik siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Teknik Gambar Bangunan dengan jumlah 60 orang yang terdiri dari kelas eksperimen untuk perlakuan dengan media pembelajaran proyeksi yaitu kelas Teknik Gambar Bangunan 1 sebanyak 30 orang dan kelas kontrol untuk perlakukan dengan media pembelajaran cetak yaitu kelas Teknik Gambar Bangunan 2 sebanyak 30 siswa. Sebelum penelitian ini dilakukan, instrumen penelitian terlebih dahulu diuji coba. Instrumen hasil belajar Menggambar Dengan Perangkat Lunak yang valid diperoleh 26 butir dari 32 butir tes yang telah diujicoba. Koefisien reliabilitasnya 0,73. Dari hasil penelitian diperoleh hasil belajar siswa yang diajar dengan media pembelajaran proyeksi lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan media pembelajaran cetak dengan Fhitung = 7,422 > Ftabel = 4,016 pada taraf signifikansi = 0,05. Sedangkan hasil belajar siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang memiliki motivasi belajar rendah dengan Fhitung = 9,787 > Ftabel = 4,016. Terdapat interaksi antara penggunaan media pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar Menggambar Dengan Perangkat Lunak. Diperoleh Fhitung = 4,862 > Ftabel = 4,016. Dapat disimpulkan bahwa 1) Penggunaan media pembelajaran memberi pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap hasil belajar mata diklat Menggambar Dengan Perangkat Lunak, 2) Tingkat motivasi belajar memberi pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap hasil belajar mata diklat Menggambar Dengan Perangkat Lunak, 3) Terdapat interaksi antara penggunaan media pembelajaran dengan tingkat motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar mata diklat Menggambar Dengan Perangkat Lunak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 BAN 012 |
Keywords: | Hasil belajar, Media Pembaelajaran, Motivasi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction > TH845 Architectural engineering. Structural engineering of buildings |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 19 Jan 2017 04:10 |
Last Modified: | 19 Jan 2017 04:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22726 |