Sitorus, Lilyanti Dewinita (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. LILYANTI DEWINITA SITORUS, NIM 5103311018 COVER.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
2. LILYANTI DEWINITA SITORUS, NIM 5103311018 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. LILYANTI DEWINITA SITORUS, NIM 5103311018 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
4. LILYANTI DEWINITA SITORUS, NIM 5103311018 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
5. LILYANTI DEWINITA SITORUS, NIM 5103311018 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
6. LILYANTI DEWINITA SITORUS, NIM 5103311018 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
7. LILYANTI DEWINITA SITORUS, NIM 5103311018 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
8. LILYANTI DEWINITA SITORUS, NIM 5103311018 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
9. LILYANTI DEWINITA SITORUS, NIM 5103311018 BAB I.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
13. LILYANTI DEWINITA SITORUS, NIM 5103311018 BAB V.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
14. LILYANTI DEWINITA SITORUS, NIM 5103311018 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan
hasil belajar siswa pada mata diklat Konstruksi Bangunan dengan penerapan
model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas X Program Keahlian
Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran
2014/2015 yang berjumlah 31 orang. Rancangan penelitian yang digunakan
adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur tindakan direncanakan ke
dalam dua siklus pembelajaran. Siklus pertama mempelajari materi pokok
Pekerjaan Pondasi Batu Kali. Siklus kedua mempelajari materi pokok Pekerjaan
Dinding Batu Bata.
Hasil uji coba instrumen yang dilakukan pada siklus I dari 35 soal diperoleh
30 soal yang valid dan dari data yang valid uji tingkat kesukaran didapat 14 soal
yang mudah dan 16 soal yang sedang. Uji daya beda didapat 2 soal sangat baik,
22 soal yang baik, dan 6 soal cukup. Uji reliabilitas diperoleh 0,9562. Pada siklus
II dari 35 soal diperoleh 30 soal yang valid dan dari data yang valid uji tingkat
kesukaran didapat 6 soal yang mudah dan 24 soal yang sedang. Uji daya beda
didapat 4 soal sangat baik, 21 soal yang baik, dan 5 soal cukup. Uji reliabilitas
diperoleh 0,9362. Penelitian ini dikatakan berhasil diukur berdasarkan indikator
rata-rata kumulatif aktivitas dan hasil belajar siswa mendapat nilai 80 dalam
pembelajaran mata diklat konstruksi bangunan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pada perolehan nilai rata-rata aktivitas
siswa mengalami peningkatan sebesar 16%, yaitu pada siklus I dengan rata-rata
67 meningkat menjadi 83 pada siklus II. Pada perolehan nilai rata-rata hasil
belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 18%, yaitu pada siklus I dengan
rata-rata 69 kategori tidak kompeten meningkat menjadi 87 pada siklus II. Dapat
disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat
meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar mata diklat konstruksi banguanan Pada
Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Lubuk Pakam Program Keahlian Teknik Gambar
Bangunan Tahun Ajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 BAN 005 |
Keywords: | Numbered Head Together, Aktivitas, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction > TH8001 Decoration and decorative furnishings |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 19 Jan 2017 03:42 |
Last Modified: | 19 Jan 2017 03:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22722 |